Terus Harga Bahan Bangunan Melonjak

Selain berdampak pada harga kebutuhan pokok melonjak, kenaikan harga bahan bakar minyak berimbas pada nilai jual bahan bangunan. Bahkan harga beberapa bahan bangunan seperti harga besi baja harga besi cnp harga besi h beam harga besi plat baja hitam harga besi siku harga besi unp harga besi wfharga besi beton harga besi hollow harga besi pipa harga besi wiremesh semen, kayu, pasir, cat, dan besi mulai merambat menjelang pemberlakuan patokan harga BBM pada 1 Oktober silam. Kenaikan berkisar antara 10 hingga 70 persen.

Dari pemantauan SCTV di sebuah toko bangunan di kawasan Pondok Bambu, Jakarta Timur, belum lama ini, pasir mengalami kenaikan paling tinggi. Pasir yang sebelumnya dijual dengan harga Rp 114 ribu per meter kubik saat ini dilego Rp 169 ribu per meter kubik. Semen juga naik sebesar Rp 4.000 dari Rp 37 ribu per zak ukuran 50 kilogram.

Selain berdampak pada barang dagangan, kenaikan harga BBM juga mempengaruhi biaya operasional pengiriman. Biaya angkutan ini juga dibebankan kepada konsumen. Lonjakan harga tersebut pada akhirnya mempengaruhi daya beli masyarakat. Saat ini, omzet menurun hingga 40 persen.

Kenaikan harga ini diperkirakan terus berlangsung hingga akhir tahun. Ini mengingat produsen bahan bangunan seperti semen, besi, dan kayu masih terus menyesuaikan patokan harga dengan beban biaya operasional menyusul adanya rencana pemerintah menaikkan lagi harga BBM

BERITA KONSTRUKSI INDONESIA