Pondasi Watu Bata Serta Kelebihan Dan Kekurangannya



Apakah pengertian dari pondasi watu bata yang sebenarnya? Pondasi watu bata yaitu pondasi yang terbuat dari material watu bata sebagai materi utamanya. Seluruh watu bata ini disusun sedemikian rupa untuk membentuk suatu pondasi yang bisa menahan beban bangunan di atasnya kemudian meneruskannya ke dalam tanah. Karena mempunyai daya dukung yang tidak terlalu tinggi, pondasi watu bata biasanya diterapkan pada konstruksi yang sederhana.

Tahukah Anda, pondasi merupakan struktur yang berfungsi untuk menyalurkan beban bangunan ke lapisan tanah pendukung yang terletak di bawahnya. Banyaknya ragam bangunan dengan karakteristik yang berbeda-beda ketika ini mendorong terciptanya bermacam-macam pondasi yang terbuat dari banyak sekali material. Salah satunya ialah pondasi watu bata yang memakai watu bata sebagai materi bakunya.

Selain biayanya yang cukup murah, banyak orang menentukan pondasi watu bata karena proses pengerjaannya yang sederhana sehingga menghabiskan waktu relatif singkat. Kendati demikian, pondasi ini tetap bisa menunjukkan jaminan keamanan bangunan dan kedudukan strukturnya. Nah, apa sajakah kelebihan dan kekurangan dari pondasi yang satu ini?

Kelebihan Pondasi Batu Bata
Kelebihan-kelebihan dari pondasi watu bata antara lain :

1. Kebutuhan Anggaran Biaya Pembuatannya Rendah
Pondasi watu bata umumnya digunakan untuk mendukung bangunan yang mempunyai konstruksi sederhana dan berada di lahan yang stabil. Ukuran kedalaman galian tanah yang sering diterapkan berkisar antara 50-80 cm. Material utama pembuatannya terdiri atas watu bata, semen, dan pasir. Mengingat materi bakunya yang tidak terlalu kompleks, biaya untuk membangun pondasi watu bata lebih rendah kalau dibandingkan pondasi-pondasi yang lainnya.

2. Waktu Pengerjaannya Relatif Cepat
Pada prinsipnya, konstruksi pondasi watu bata ini menyerupai mirip pondasi watu kali. Cuma yang membedakan hanyalah material utama yang membentuknya. Selain itu, pasangan watu bata yang digunakan untuk membentuk pondasi ini juga lebih cepat mengering alasannya yaitu pori-porinya yang berukuran lebih besar. Dengan demikian, pondasi ini cocok diaplikasikan pada rencana pembangunan yang membutuhkan efisiensi waktu yang tinggi.

3. Memiliki Model Konstruksi yang Sederhana
Kelebihan lain yang dimiliki oleh pondasi watu bata yaitu konstruksinya yang sederhana. Pengerjaan pondasi ini dilakukan eksklusif di daerah pembuatannya. Dimulai dari penggalian tanah, pembuatan adukan perekat, hingga dengan penyusunan watu bata. Sebab kesederhanaan konstruksinya itu pula pembuatan pondasi watu bata sama sekali tidak memerlukan dukungan alat berat.


Kekurangan Pondasi Batu Bata
Kekurangan-kekurangan pondasi watu bata di antaranya :
  1. Daya dukung yang dimiliki tidak terlalu berpengaruh meski layak digunakan untuk menahan bangunan sederhana
  2. Tidak cocok diterapkan untuk mendukung bangunan-bangunan yang bertingkat
  3. Dibutuhkan galian tanah yang cukup banyak di sepanjang daerah pendirian struktur dinding bangunan
  4. Hanya sanggup diaplikasikan apabila kondisi tanah di area pembangunannya cukup stabil
  5. Tingkat ketahanannya tidak terlalu manis terutama kalau sering terendam air

0 Response to "Pondasi Watu Bata Serta Kelebihan Dan Kekurangannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel