Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Stop Kontak / Colokan Listrik Tembok

Dikutip dari wikipediaStop kontak yaitu suatu alat pemutus saat terjadi kontak antara arus positif, arus negatif dan grounding pada instalasi listrik. Namun pemahaman ini kelihatannya lebih spesifik ke MCB dan ELCB. Namun pada umumnya, kita mengenal Stop Kontak adalah salah satu perlengkapan pendukung kelistrikan selaku penyalur atau penyambung arus listrik searah (AC) untuk suatu keperluan.
Stop kontak yaitu suatu alat pemutus saat terjadi kontak antara arus aktual Cara Memperbaiki Stop Kontak / Colokan Listrik Tembok
Salah satu teladan stop kontak 

Setelah lewat waktu pemakaian yang lama, stopkontak yang terpasang di tembok akan mengalami kerusakan seperti:
  1. Steker yang masuk ke stop kontak mudah goyang dan terlepas sendiri.
  2. Lubang stop kontak bewarna hitam dan meleleh menyerupai bekas terbakar
  3. Stop kontak tidak sanggup mengalirkan listrik ke steker.

Untuk memperbaiki stopkontak yang rusak ikuti panduannya di bawah ini:


1. Steker yang masuk ke Stop Kontak mudah goyang dan terlepas sendiri

Keadaan ini membuat pemikiran listrik labil (dalam keadaan antara terhubung dan tidak terhubung). Kondisi ini diakibatkan oleh plat yang berfungsi selaku penjepit steker renggang melampaui diameter jari steker. untuk memperbaiki :
  1. Matikan sakelar MCB
  2. Buka sekrup stop kontak
  3. Jepitl plat yang berfungsi menjepit jari steker menggunakan tang buaya/tang monyong) biar diameternya mengecil, usahakan diameter lubang plat tidak terlampau kecil lantaran jika terlalu kecil akan menyusahkan jari steker yang masuk, untuk memastikannya cobalah masukkan steker ke lubang stopkontak.
  4. Pasang kembali tutup dan sekrup stopkontak.
  5. Nyalakan MCB, dan cobalah memasukkan steker alat elektronik (misalnya Televisi). Bila alat Televisi menyala mempunyai arti perbaikan berhasil.


2. Lubang stop kontak bewarna hitam dan meleleh menyerupai bekas terbakar

Hal ini terjadi akhir longgarnya steker yang masuk ke stopkontak sehingga terjadi ngefong yang mengakibatan panasna di area tersetbut.

Untuk memperbaikinya, jika stop kontak masih patut untuk dipakai maka Cara untuk memperbaikinya sama menyerupai poin 1, pasanglah kabel grounding/arde pada stop kontak untuk menghilangkan percikan api.


3. Stop kontak tidak sanggup mengalirkan listrik ke steker

Ini disebabkan oleh kabel terlepas dari terminal stop kontak atau ada jalur kabel yang putus dari stop kontak menuju kabel utama instalasi listrik.

Untuk memperbaikinya, mulailah memperbaiki dengan cara menyerupai pada poin 1, kemudian periksa dan sambungkan kabel yang sebaiknya terhubung dengan terminal yang ada di dalam stop kontak, periksa dan sambungkan jalur listrik dari stop kontak menuju jalur utama instalasi listrik di rumah.

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Stop Kontak / Colokan Listrik Tembok"