Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa Masak Nasi Di Rice Cooker Listrik Jadi Mati?

Rice Cooker (Penanak Nasi) merupakan alat listrik yang berfungsi untuk mengolah makanan atau menanak nasi (Cooking). Bila menyidik sejarah inovasinya, Rice Cooker merupakan produk yang pertama kali dipahami di pasaran sebelum adanya Magic Jar dan Magic Com. Saat pertama kali diproduksi, Rice Cooker memang cuma berfungsi selaku alat untuk mengolah makanan atau menanak nasi, tetapi seiring dengan kemajuan produksinya Rice Cooker yang kita gunakan di sekarang ini tak cuma berfungsi untuk mengolah makanan atau menanak nasi.

merupakan alat listrik yang berfungsi untuk mengolah makanan atau menanak nasi  Mengapa Masak Nasi di Rice Cooker Listrik Makara Mati?
Rice Cooker Philips

Rice cooker pertama kali didapatkan oleh Yoshitada Minami. Pada tahun 1937, serdadu Jepang mulai melakukan prinsip kerja perangkat penanak nasi bertenaga listrik tersebut. Awalnya rice cooker yang digunakan berisikan wadah kayu tahan bocor dan lempengan logam bertenaga listrik. Lempengan logam tersebut berfungsi memanaskan wadah kayu yang telah terisi beras dan air di dalamnya.

Tahun 1945, Rice cooker ini kemudian disempurnakan oleh Mitsubishi Electric Corporation Jepang dilengkapi dengan wadah alumunium dengan kumparan penghangat di dalamnya. Tetapi produk ini tak punya akomodasi turn off otomatis, sehingga mesti dipantau selama memasak.

Pernahkah Anda masak nasi rice cooker kemudian mati listrik? hal ini sanggup disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah:
  1. Konsleting kabel - konsleting atau hugungan pendek sanggup terjadi lantaran kabel steker rice cooker terkelupas kemudian saling bersentuhan, hal ini menyebabkan MCB mati / Off / jegleg maka listrik di rumah akan mati. Kabel yang terkelupas tersebut sanggup saja disebabkan oleh gigitan tikus atau terganjal / terjepit. Untuk memperbaikinya, Anda tinggal menyambung ulang dan mengisolasi masing-masing kabel yang terkelupas, atau mudah-mudahan lebih kondusif seharusnya kabel steker/colokan diganti baru.
  2. Kurang daya listrik - Dalam pemakaiannya rice cooker memerlukan daya sebesar 350 watt di saat menanak nasi dan sekitar 50 watt untuk menghangatkan. Bila daya listrik di rumah Anda 900 watt, kemudian anda mengolah makanan nasi dengan rice cooker sebesar 350 watt, menyetrika dengan konsumsi daya antara 300-350watt, kemudian menyalakan pompa air listrik sebesar 350 watt maka total komsumsi daya adalah: 350+350+350=1050watt. Kondisi tersebut menyediakan konsumsi daya melampaui kapasitas MCB ( daya listrik di rumah anda 900 watt), maka sanggup ditentukan listrik di rumah akan mati.
  3. Komponen rice cooker rusak - di dalam rice cooker terdapat komponen elektronik seumpama thermostat, elemen penghangat (lilitan/spull), perkabelan, dan switch. Beberapa komponen tersebut sanggup saja rusak dan memunculkan konsleting. Untuk memperbaikinya anda mesti membuka dan memperbaiki komponen tersebut. 

Post a Comment for "Mengapa Masak Nasi Di Rice Cooker Listrik Jadi Mati?"