Metode Pelaksanaan Pekerjaan Lantai Vinyl Anti Bakteri

Lingkup Pekerjaan Lantai Vinyl Anti Bakteri yaitu bagian-bagian permukaan lantai dan kolom sesuai dengan ditunjukkan dalam detail gambar. Dalam hal ini termasuk pengadaan tenaga kerja, bahan-bahan, alat-alat dan peralatan pembantu lainnya.



Secara Umum Bahan yang di persyaratkan yaitu sebagai berikut :
  • Bahan harus mempunyai kualitas yang baik, tahan lama terhadap goresan, hygienis, mudah dibersihkan dan mudah dalam perawatan
  • Bahan terbuat dari PVC multiplayer/heterogeneous, tanpa filter, bisa meredam suara hingga batas tertentu (Acoustic Flooring Type, minimal 15 dB)

Untuk Bahannya, sepesifikasi yang harus dipenuhi yaitu :
  • Bahan terbuat dari PVC tanpa filter, multilayer, lapisan atas/searlayer dilindungi pure transparent PVC dilengkapi dengan Reinforced protection, lapisan bawah terdiri dari Acoustic  Backing Foam.
  • Bahan harus termasuk falanm kategori kalasifikasi UPEC kelas U4P3E2/3C2, dengan resistensi erosi yang paling tinggi (group T. ∞ 1 ≤ 0.08), anstistatic 109 ohm, tebal lapisan atas/wear layer minimal 0.67 mm, fire resistant B, Cfl.s, slip resistant minimal R 9. Mengandung lapisan anti basil dan jamur (biostatic treatment). Static indentation antara 0.16 s/d 0.06 mm.
  • Bidang vinyl harus dalam bentuk ‘sheet’ (gulungan), lebar minimal 2 m, panjang 25 m, tebal minimal 2.6 mm, sambungan dilas (diwelding) dengan pemanasan dengan menggunakn materi PVC yang sama yang disebut welding rod. Lebar sambungan antara 2.5 s/d 3 mm dan harus rata.
  • Skirting/Plint yaitu perpanjangan atau kelanjutan vinyl dari lantai kemudian naik kedinding setinggi 10 cm. Pada sudut antara lantai dan dinding dipasangi “Cover Former” yaitu materi yang membentuk sudut lantai (R) biar sudut tersebut tidak siku. Sementara pada ujung vinyl yang naik kedinding, ditutup dengan Capping Seal. Material dari Cove former dan Capping Seal juga harus terbuat dari vinyl PVC atau karet.
  • Warna dan corak materi diajukan oleh kontraktor dengan persetujuan pengawas dan atau pemilik pekerjaan.
  • Merk pabrikasi materi : LG Hausys  atau setara.

Sementara itu, pada proses pelaksanaan persayaratan yang harus dipenuhi yaitu :
  • Bidang permukaan lantai harus rata dan kuat, tidak terdapat retak-retak, tidak ada lubang dan celah-celah, bebas debu, bebas lemak dan minyak
  • Pekerjaan lapisan vinyl harus rapi dan dilakukan sesuai dengan yang dipersyaratkan dari pabrik yang bersangkutan sehingga diperoleh hasil pekerjaan bermutu baik dan dapat tahan lama.
  • Pekerjaan lapisan vinyl dilakukan setelah pekerjaan finishing yang lain menyerupai plafond, dinding, pekerjaan ME, pengecatan selesai dilaksanakan.

Sedangkan untuk penyimpanan, syarat-syarat untuk daerah penyimpanan barang harus terhindar dari genangan air, tidak lembab, terhindar dari cuaca (panas matahari/air hujan) dan selalu bersih.
Memasuki tahap pemasangan, langkah-langkah yang dipersyaratkan yaitu sebagai berikut:
  • Screeding. Screeding harus benar-benar berpengaruh dan rata yang dicapai dengan membuat adukan denngan komposisi 1 semen : 4 pasir.
  • Leveling, Levelling dilaksanakan sebanyak 3 s/d 4 kali (lapis). Antara tahap 1 dan tahap berikutnya dilakukan dengan arah yang menyilang. Dan biarkan hingga kering. Bahan levelling terdiri dari : Polymer + semen atau dengan materi Self Levelling. Tetapi bila dengan self levelling dapat dilakukan antara 1 s/d 2 lapis.
  • Pengamplasan. Pengamplasan dilakukan setelah lapisan terakhir kering, kemudian dibersihkan dengan cara di vakum atau dip ell
  • Pemasangan Vinyl. Vinyl dipasang dengan menggunakan materi lem yang direkomendasikan oleh pabrik
  • Welding. Untuk menjaga hyginitas setiap ada celah/sambungan vinyl harus silas dengan materi dari PVC yang sama
  • Pemolesan. Setelah vinyl benar-benar bersih dari semua kotoran langkah terakhir yaitu pemolesan. Bahan poles yaitu yang telah direkomendasikan oleh Pabrik. Untuk lantai yang bekerjasama pribadi dengan tanah dan kembabannya tinggi harus di coating dengan waterproofing atau dilakukan tes moisture sebelum dilakukan tahapan pemasangan vinyl.
Demikian Metode Pelaksanaan Pekerjaan Lantai Vinyl Anti Bakteri yang dapat kami sampaikan.  Untuk artikel lainnya tentang  Metode Pelaksanaan Pekerjaan Struktur Baja dapat dilihat DISINI.

0 Response to "Metode Pelaksanaan Pekerjaan Lantai Vinyl Anti Bakteri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel