Beton Decking Dan Fungsinya

Pada ketika akan dilakukan pekerjaan pengecoran Beton Decking dan Fungsinya

Pada ketika akan dilakukan pekerjaan pengecoran, niscaya kita melihat suatu benda (seperti gambar di atas) yang diletakkan di sela-sela antara besi dan bekisting. Benda menyerupai foto tersebut di atas dinamakan beton decking atau istilah lain tahu beton.

Beton decking atau tahu beton yaitu beton atau spesi yang dibuat sesuai dengan ukuran selimut beton yang diinginkan. Biasanya berbentuk kotak-kotak atau silinder. Dalam pembuatannya, diisikan kawat bendrat pada bab tengah yang nantinya digunakan sebagai pengikat pada tulangan.

Pada dasarnya decking terdiri dari 2 (dua) jenis, yaitu :
  1. Plasting decking, terbuat dari materi plastik dengan ketebalan 3,5 cm.
  2. Beton decking, terbuat dari adonan beton, berbentuk silinder kecil, dengan diameter 10 cm dan ketebalannya menyesuaikan dengan ketebalan selimut beton yang direncanakan oleh Konsultan Perencana.

Beton decking berfungsi untuk menjaga tulangan semoga sesuai dengan posisi yang diinginkan. Bisa dibilang berfungsi untuk menciptakan selimut beton sehingga besi tulangan akan selalu diselimuti beton yang cukup, sehingga didapatkan kekuatan maksimal dari bangunan yang dibuat. Selain itu, selimut beton juga menjaga semoga tulangan pada beton tidak berkarat (korosi).

Demikian artikel tentang Beton Decking Dan Fungsinya yang dapat kami sampaikan. Untuk artikel lainnya tentang Sejarah Pondasi Cakar Ayam dapat dilihat DISINI.

0 Response to "Beton Decking Dan Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel