Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam-Macam Material Bekisting


Pengertian Bekisting, disebutkan bahwa Bekisting atau formwork ialah suatu konstruksi pembantu yang bersifat sementara yang merupakan cetakan / mal ( beserta pelengkapnya pada bab samping dan bawah dari suatu konstruksi beton yang dikehendaki. Bekisting ialah cetakan sementara yang digunakan untuk menahan beton selama beton dituang dan dibuat sesuai dengan bentuk yang diinginkan (Stephens 1985)

Pada postingan kali ini akan kami ulas wacana macam-macam material yang sanggup dijadikan bekisting, antara lain :

1. Plywood yang dilapisi polyfilm


Berdasarkan ada tidaknya lapisan pelindung permukaan, plywood dibagi atas dua jenis yaitu yang dilapisi oleh polyfilm dan yang tidak dilapisi polyfilm. Plywood yang dilapisi polyfilm mempunyai keawetan yang lebih tinggi sehingga sanggup digunakan berulang kali dan lebih usang dibandingkan yang tidak dilapisi polyfilm.


2. Kayu
Seperti yang telah kita ketahui bersama dalam postingan  Macam-Macam Material Bekisting

Dalam dunia konstruksi, kayu merupakan materi bekisting yang banyak digunakan, khususnya pada bekisting konvensional dimana keseluruhan materi bekisting dibuat dari kayu. Begitu juga dengan bekisting semi konvensional, dimana material kayu masih banyak digunakan meski penggunaan kayu papan telah digantikan oleh plywood. Untuk menghasilkan hasil beton yang sesuai dengan yang direncanakan, maka diharapkan teladan mengenai jenis berpengaruh kayu, sehingga syarat kekuatan dan kekakuan kayu masih dalam batas-batas yang diijinkan.

3. Baja profil
Seperti yang telah kita ketahui bersama dalam postingan  Macam-Macam Material Bekisting

Pada bekisting semi konvensional dan bekisting sistem materi baja profil digunakan sebagai materi bekisting terutama sebagai support atau sabuk pada bekisting kolom dan dinding. Penggunaan material ini terutama digunakan pada pekerjaan dengan pemakaian ulangnya banyak sekali. Selain untuk menghasilkan hasil beton yang sesuai dengan yang direncanakan, maka diharapkan teladan mengenai kekuatan material dari materi Steel, sehingga syarat kekuatan dan kekakuan steel masih dalam batas-batas yang diijinkan serta dengan pertimbangan faktor irit sehingga perlunya perencanaan steel dengan metode elastis.

Demikian Macam-Macam Material Bekisting yang dapat kami sampaikan. Untuk artikel lainnya tentang Macam-Macam Tulangan dapat dilihat DISINI.

Post a Comment for "Macam-Macam Material Bekisting"