Macam-Macam Tulangan

Majavascript:void(0);cam-Macam Tulangan

Dalam pekerjaan pembesian, kita sering mendengar beberapa macam tulangan. Pada postingan kali ini akan kami ulas sedikit wacana macam-macam tulangan yang biasa kami temui / jumpai di lapangan. Apa saja tulangan tersebut ?

Macam-macam tulangan dalam pekerjaan pembesian yang biasa kami jumpai di lapangan yakni sebagai berikut :
  1. Tulangan Pokok. Tulangan Pokok disebut juga tulangan utama atau tulangan memanjang. Yaitu tulangan yang memanjang searah dengan panjang balok atau kolom.
  2. Tulangan Tumpuan. Yaitu tulangan pokok atau tulangan utama yang posisinya berada di sekitar area tumpuan. Biasanya yang memakai istilah ini hanya untuk balok (dan juga pelat). Kolom tidak mengenal tulangan tumpuan. Kalau kolom biasanya istilahnya tulangan ujung atas atau bawah.
  3. Tulangan lapangan. Yaitu tulangan pokok atau tulangan utama yang posisinya berada di tengah bentang.
  4. Tulangan Geser. Tulangan geser disebut juga begel, sengkang, ties, stirrups, dan lain-lain. Yaitu tulangan melingkar yang mengikat tulangan utama pada balok maupun kolom. Fungsinya untuk memegang tulangan utama, dan sebagai tulangan geser (menahan gaya dalam geser).
  5. Tulangan Ekstra. Yaitu tulangan pelengkap yang ditambahkan pada tulangan rujukan atau tulangan lapangan. Biasanya tulangan ekstra ini tidak dipasang di sepanjang balok, tapi hanya di sekitar area yang membutuhkan saja.

Demikian Macam-Macam Tulangan yang dapat kami sampaikan. Untuk artikel lainnya tentang Cara Menghitung Jumlah Besi Tulangan Utama Pada Sloof dapat dilihat DISINI.

0 Response to "Macam-Macam Tulangan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel