Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Metode Pelaksanaan Plester Aci Kering Pada Dinding Rumah Atau Gedung



Metode kerja Plesteran Dinding yang biasa dilakukan di ada 3 macam, yaitu:

a.  Dinding Bata eksklusif diplester tanpa ada Kepala Plesteran, hanya mengandalkan Kayu/Alumanium sebagai alat untuk meratakan plesteran tersebut. Kemudian eksklusif diaci pada ketika kondisi plesteran masih Basah / Setengah Kering.

b.  Dinding Bata terlebih dahulu dibentuk Kepala Plesteran, kemudian dinding diplester dengan pola Kepala Plesteran tadi, selanjutnya eksklusif diaci pada ketika kondisi plesteran masih Basah / Setengah Kering.

c.  Dinding Bata terlebih dahulu dibentuk Kepala Plesteran, kemudian dinding diplester dengan pola Kepala Plesteran tadi, selanjutnya plesteran tidak eksklusif diaci. Setelah beberapa hari gres diaci. Sistem ini yang di lapangan dikenal dengan Cara Plester Aci-Kering.

Teknis kerja Plesteran Dinding dengan Cara Aci Kering ialah sebagai berikut:

1.  Misalkan contoh dinding pasangan bata yang hendak diplester menyerupai gambar dibawah ini



  

2. Buat Benang Acuan untuk mendapat kerataan pada seluruh bidang Permukaan Dinding Batubata. Gunakan Lot/Bandul/Unting-unting, Paku, dan Benang untuk mendapat Rata Vertikal, kemudian hubungkan Kedua Benang Vertikal tersebut untuk mendapat Rata Horizontal. Sehingga tercipta Benang Acuan yang benar-benar rata terhadap semua Dinding Bata tersebut. Beri Tanda dengan Paku untuk memilih Ketebalan Plesteran pada titik-titik yang diperlukan.
 


3.  Buat Kepala Plesteran memakai Adukan Mortar (Semen dan Pasir) secara Vertikal, dengan perpedoman pada Benang dan Paku Rata Vertikal tadi. Seperti Gambar dibawah. Kepala Plesteran harus dibentuk serata mungkin, alasannya berfungsi sebagai Pedoman (Rel) dalam melaksanakan Plesteran nantinya.


4.  Lakukan pekerjaan Plesteran, menyerupai terlihat pada Gambar dibawah, dengan pinjaman Kayu Keras yang benar-benar Lurus atau memakai Profil Holo Alumanium. Disini Rel Kepala Plesteran menjadi Pedoman untuk menciptakan Plesteran menjadi benar-benar Rata. Setelah final proses plesteran. biarkan beberapa hari sampai Plesteran benar-benar kering.


5.  Setelah Plesteran benar-benar Kering, barulah kita lakukan Pekerjaan Acian. Yaitu melapisi dinding Plesteran yang masih Kasar dengan Adukan Acian (Semen dan Air), sehingga plesteran menjadi Halus.


Demikian Metode Pelaksanaan Plester Aci Kering Pada Dinding Rumah Atau Gedung yang dapat kami sampaikan. Untuk artikel lainnya tentang Analisa Harga Satuan Pekerjaan Persiapan dapat dilihat DISINI.

Post a Comment for "Metode Pelaksanaan Plester Aci Kering Pada Dinding Rumah Atau Gedung"