Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aluminium Composite Panel (ACP) - Defenisi Fungsi Dan Manfaat

ACP adalah Produk berupa Lembaran, yang biasanya mempunyai ketebalan 4 mm, panjang 8 kaki (244 cm), dan lebar 4 kaki (122 cm), yang terdiri dari 5 lapisan Utama, yaitu : Alumanium (tebal 0,5 mm), Rubber (tebal 3 mm), Alumanium (tebal 0,5 mm), Cat Warna, dan Coating, (ini dimulai dari Lapisan paling bawah). Seperti tampak pada Foto diatas.

Pada dikala ini berbagai Merk Alumanium Composit Panel yang dijual di pasaran, ibarat Alucobond, Seven, Good Sense, Maco, Alustar, Alumebond, Alumetal, Goldstar, Alumetalec, Alcopla, Luminate, dan sebagainya. Ada yang merupakan produksi Luar Negeri dan ada juga produksi Indonesia.

Produk ini terdiri dari banyak Warna, sehingga memudahkan kita untuk berkreasi dan menentukan Warna sesuai dengan Disain yang kita rencanakan. Beberapa diantaranya ibarat Gambar Katalog Warna dibawah ini. Mungkin ada lebih banyak lagi Warna yang tersedia, sesuai dengan Merk dan Vendor-nya masing-masing.


Produk ini biasanya dipakai sebagai Lapisan Penutup permukaan Dinding, yang menggantikan fungsi Finishing Plesteran dan Cat. Dengan teksturnya yang rapi dan menarik, menciptakan tampilan Dinding menjadi lebih Indah, Mewah, dan Elegan, sehingga produk ini banyak diminati dan mulai banyak dipergunakan di Indonesia semenjak beberapa tahun yg lalu, baik untuk Perkantoran, Hotel, Bank, Rumah Sakit, Mall, Ruko, Pusat Perbelanjaan, SPBU, maupun Rumah Pribadi. Bahkan sanggup juga untuk Produk Furniture, Dinding Partisi, dan Plafon.

(Gedung Perkantoran)


(Gedung Kantor Bank Mandiri)


(SPBU)

Kelebihan produk ini antara lain yaitu :
  1. Perawatannya, kita sanggup membersihkannya dengan gampang kalau sudah terlihat kotor. Cukup dengan Kain, Air, dan Cairan Pembersih berkadar Detergent rendah (cairan pembersih yang disarankan), kita sanggup membersihkannya.
  2. Pemakaian Aluminium Composite Panel juga memperlihatkan Nilai Tambah pada bangunan atau gedung yang memakai produk ini, alasannya yaitu tampak lebih Mewah, Menarik, dan lebih Indah.
  3. Untuk posisi-posisi tertentu, penggunaan produk ini akan lebih cepat tanggapan dibandingkan finishing dengan Plesteran, Acian, dan Cat.


Kekurangannya yaitu : 
  1. Biaya Finishing Dinding dengan Alumnium Composit Panel ini relatif lebih mahal dibandingkan memakai finishing Acian dan Cat (pada posisi yang gampang dijangkau dan motif yang sederhana).
  2. Memerlukan Struktur Rangka Tambahan untuk pemasangannya pada dinding, yang biasanya memakai materi Logam/ Metal. Sehingga perlu pemilihan Mutu Bahan yang baik dan Sistem Pengerjaan yang baik juga apabila pemasangan dilakukan di luar ruangan. Bahan ini sebaiknya tahan terhadap Panas Matahari dan Air Hujan. 

Demikian artikel tentang Aluminium Composite Panel (ACP) - Defenisi Fungsi Dan Manfaat yang dapat kami sampaikan. Untuk artikel lainnya tentang Metode Pelaksanaan Pembuatan Pondasi Setempat Di Lapangan dapat dilihat DISINI.

Post a Comment for "Aluminium Composite Panel (ACP) - Defenisi Fungsi Dan Manfaat"