Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Metode Pelaksanaan Pemasangan Pipa Untuk Pasang Closet Duduk Pada Kamar Mandi

Penggunaan Closet Duduk di Indonesia sebetulnya sudah ada semenjak beberapa puluh tahun yang lalu. Sejak tahun 1980-an jenis Closet ini sudah mulai banyak digunakan di Indonesia. Saya sendiri sudah memakai Closet Duduk brand Toto pada tahun tersebut di Rumah.

Model, bentuk, dan Tipenya juga bermacam-macam. Seiring dengan perkembangan jaman, ketika ini sudah aneka macam variasi bentuk dan type Closet ini, bahkan sudah banyak pula Merk dan Vendor gres yang ikut memproduksinya.

Karena bentuk dan Type Closet Duduk ini berbeda-beda, maka Cara Pemasangannya tentu berbeda-beda juga. Biasanya pada kemasan Produknya sudah disediakan Manual Installation (Petunjuk Pemasangan) secara tertulis.

Contoh Pekerjaan Pemasangan Pipa pada Closet Duduk :

1.  Persiapkan pipa suplai Air Masuk ke Tangkai Closet duduk (No. 2) dan pipa Buangan Air Kotor Closet Duduk (No. 1) pada kamar mandi, ibarat Gambar dibawah ini.


Keterangan:
a.  Pada Gambar Pipa No. 2, tampak ada dua buah Pipa 1/2". Pipa yang Pertama (2a) yaitu pipa 1/2" untuk suplai Air ke Tangki Closet Duduk, dan pipa yang Kedua (2b) yaitu pipa 1/2" untuk suplai Air untuk Jet Shower (untuk basuh).

Sebenarnya Pipa No. 2 ini sanggup saja dibentuk menjadi satu buah Pipa 1/2" saja, nanti dengan memakai Tee Stainless 1/2" air sanggup dibagi untuk suplai Air ke Tangki Closet Duduk dan untuk suplai Air untuk Jet Shower. Tapi pada Tips kali ini aku menciptakan Pipa-nya terpisah, alasannya yaitu akan lebih gampang mengganti Jet Shower tersebut jikalau nanti rusak (tidak mengganggu suplai Air ke Tangki Closet Duduk tersebut).
Jet Shower
b.  Pipa No. 1 yaitu Pipa 4" untuk Buangan Air Kotor Closet Duduk

c.  Pipa No. 3 yaitu Pipa Buangan Air Kamar Mandi, sanggup berukuran 2 1/2", sanggup juga berukuran 3". Pada kesempatan ini aku tidak membahas wacana Pipa ini.

2.  Pasang Elbow Drat Dalam pada Pipa 1/2" No. 2a dan 2b, sesuai dengan ukuran Gambar Petunjuk Pemasangan (satuan mm) yang tersedia. Saya sarankan memakai Elbow Drat Kuningan, alasannya yaitu Drat-nya tidak gampang rusak dan kokoh.
(Gambar Petunjuk Pemasangan, Closet Duduk Tampak Samping dan Tampak Depan)


(Gambar 1)
Pada Elbow Drat Dalam (EDD) 2b dan 2a nantinya akan dipasang Stop Kran, untuk kontrol Air suplai Jet Shower dan Air suplai Tangki Closet Duduk. Maka posisi EDD 2b dan EDD 2a harus dibentuk berjarak, semoga kedua Stop Kran nantinya tidak bersinggungan (lebih kurang 10cm).

3.  Pasang Pipa 4" untuk Buangan Air Kotor Closet Duduk, sesuai dengan ukuran Gambar Petunjuk Pemasangan (satuan mm) yang tersedia.

4.  Selanjutnya kita sanggup memasang Keramik Dinding dan Keramik Lantai Kamar Mandi tersebut.

5.  Pekerjaan Persiapan Pipa untuk Pasang Closet Duduk pada Kamar Mandi selesai, tunggu hingga 1 hari semoga Pasangan Keramik kering, kemudian anda sanggup melaksanakan Pemasangan Closet Duduk.

Demikian artikel tentang Metode Pelaksanaan Pemasangan Pipa Untuk Pasang Closet Duduk Pada Kamar Mandi yang dapat kami sampaikan. Untuk artikel lainnya tentang Mengapa Rumah Kosong Tanpa Penghuni Lebih Gampang Rusak? dapat dilihat DISINI.

Post a Comment for "Metode Pelaksanaan Pemasangan Pipa Untuk Pasang Closet Duduk Pada Kamar Mandi"