Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Dan Materi Untuk Pondasi Tiang Pancang




Pada dasarnya Tanah mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Ada yang mempunyai Daya Dukung yang Cukup Keras hanya pada kedalaman 1 s/d 2 meter. Ada juga tanah yang mempunyai Daya Dukung yang kecil hingga hingga kedalaman 6 s/d 9 meter, ibarat yang pernah aku jumpai pada sebagian tempat di Propinsi Riau (yang tanahnya masih Rawa) dan Kalimantan Selatan.


Untuk mendirikan Rumah atau Gedung pada kondisi tanah ibarat ini sebaiknya kita memakai Jenis Pondasi Dalam, ibarat Pondasi Bor Pile atau Tiang Pancang. Karena dengan memakai kedua Jenis Pondasi ini, maka Tanah Keras pada Lapisan Dalam sanggup dijangkau, sehingga Beban Rumah atau Gedung sanggup "diteruskan" ke Lapisan Tanah Keras tersebut.

Pada postingan kali ini aku akan memaparkan Jenis Bahan Tiang Pancang yang biasa dipakai dalam proses Pemancangan, yaitu antara lain:

1.  Tiang Pancang Kayu
Tiang pancang kayu harus diperiksa terlebih dahulu Kekuatannya sebelum dipancangkan. Perlu juga dipastikan bahwa Tiang Pancang Kayu tersebut memenuhi Karakteristik yang Kuat dan Tahan terhadap Pelapukan oleh Tanah.
Jenis kayu dipilih yang bersifat Keras dan Tahan terhadap Pelapukan Tanah, sehingga tidak rusak pada ketika Proses Pemacangan dan sanggup menjalankan Fungsinya sebagai Pondasi Pancang dalam jangka waktu yang lama. Makara hanya sebagian Jenis Kayu saja yang sanggup dipakai untuk Tiang Pancang.

2.  Tiang Pancang Beton Pracetak
Tiang Pancang jenis ini harus dirancang, dicor dan dirawat terlebih dahulu, sehinnga pada nantinya pada umur Hari yang telah direncanakan akan diperoleh Kekuatan yang Cukup sehingga tahan terhadap Pengangkutan, Penanganan, dan Tekanan akhir Pemancangan, tanpa mengalami kerusakan.

3.  Tiang Pancang Baja
Pada umumnya Tiang Pancang Baja yang sering dipakai yaitu Tiang Pancang Pipa. Namun ada juga yang berupa Tiang Pancang Baja Profil Kotak.
Apabila Tiang Pancang Pipa atau Kotak yang akan dipakai tersebut akan diisi dengan Beton, maka Mutu Beton tersebut Minimum harus fc’ = 20 MPa atau K-250, semoga mempunyai kekuatan Struktur daya dukung yang baik.

Demikian artikel tentang Jenis Dan Materi Untuk Pondasi Tiang Pancang yang dapat kami sampaikan. Untuk artikel lainnya tentang Metode Pelaksanaan Pemasangan Aluminium Composite Panel (ACP) - Memasang Lembaran ACP Yang Telah Difabrikasi Pada Rangka Dudukan (Tahap 3) dapat dilihat DISINI.

Post a Comment for "Jenis Dan Materi Untuk Pondasi Tiang Pancang"