Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Metode Pelaksanaan Pemadatan Adukan Beton Yang Baik Dan Benar



Beton yang Padat (tidak berongga) merupakan Tujuan dari sebuah Pekerjaan Pengecoran. Karena semakin Berongga Beton tersebut, maka semakin kecil Mutunya.
Untuk menghasilkan Beton yang padat, lakukan cara dibawah ini:
  1. Beton harus dipadatkan dengan Alat Penggetar Mekanis (Vibrator). Penggetaran bisa dari Dalam Adukan atau dari Luar Adukan (pada Acuan / bekisting), yang telah disetujui Owner (Pemilik). Jika dibutuhkan penggetaran harus disertai penusukan secara Manual dengan Alat yang cocok untuk menjamin kepadatan. Alat penggetar dilarang dipakai untuk memindahkan adonan beton dari satu titik ke titik lain di dalam acuan.
  2. Pemadatan harus dilakukan secara Teliti dan Hati-hati, untuk memastikan semua Sudut, dan di sekitar Besi Tulangan benar-benar terisi, tanpa menggeser Tulangan tersebut. Sehingga setiap rongga dan gelembung udara terisi.
  3. Lama penggetaran harus dibatasi, biar tidak terjadi Segregasi pada hasil pemadatan yang diperlukan.
  4. Alat penggetar mekanis dari luar harus bisa menghasilkan sekurang-kurangnya 5000 putaran per menit dengan berat efektif 0,25 kg. Boleh saja diletakkan di atas contoh supaya sanggup menghasilkan getaran yang merata.
  5. Posisi Vibrator untuk memadatkan beton di dalam contoh harus kira-kira Vertikal, hingga sanggup melaksanakan penetrasi hingga kedalaman 10 cm dari Dasar Beton yang gres dicor. Sehingga menghasilkan kepadatan yang menyeluruh pada bab tersebut.
  6. Apabila alat penggetar tersebut akan dipakai pada posisi yang lain maka, alat tersebut harus ditarik secara perlahan dan dimasukkan kembali pada posisi lain dengan jarak tidak lebih dari 45 cm. Alat penggetar dilarang berada pada suatu titik lebih dari 15 detik atau permukaan beton sudah mengkilap.
  7. Apabila kecepatan pengecoran 20 m3/jam, maka harus dipakai alat penggetar yang memiliki dimensi lebih besar dari 7,5 cm.
  8. Dalam segala hal, pemadatan beton harus sudah final sebelum terjadi waktu ikat awal (initial setting).
Demikian artikel tentang Metode Pelaksanaan Pemadatan Adukan Beton Yang Baik Dan Benar yang dapat kami sampaikan. Untuk artikel lainnya tentang Metode Pelaksanaan Merawat Beton Sesudah Final Pengecoran dapat dilihat DISINI.

Post a Comment for "Metode Pelaksanaan Pemadatan Adukan Beton Yang Baik Dan Benar"