Metode Pelaksanaan Pondasi Batu Kali




1. LINGKUP PEKERJAAN
Bagian Pondasi Batu Kali ini mencakup pengadaan dan pemasangan semua pondasi batu kali sesuai dengan gambar dan persyaratan disini.

2. BAHAN - BAHAN
1. Batu 
Batu-batu harus keras dengan permukaan bergairah tanpa cacat/ retak dan cara pengerjaannya harus dilakukan berdasarkan cara terbaik yang dikenal disini.
2. Pasir 
Galian pondasi harus diurug dengan pasir setebal 5 cm dan dipadatkan dengan alat timbris tangan terbuat dari logam atau stamper.
3. Adukan
Adukan yang digunakan terdiri dari campuran 1semen : 5 pasir. 

1. Batu kosong
atu tanpa adukan (aanstamping) setinggi 15 cm, harus dipasang tegak lurus, rapat dan diisi pada rongga-rongga batu.
2. Pondasi batu kali
Pekerjaan pasangan batu dilaksanakan sesuai dengan ukuran dan bentuk-bentuk yang ditunjukkan dalam gambar. Tiap-tiap batu harus dipasang penuh dengan adukan sehingga semua relasi batu menempel satu sama lain dengan sempurna. Setiap batu harus dipasang diatas lapisan adukan dan diketok ke tempatnya hingga teguh. Adukan harus mengisi penuh rongga-rongga antar batu untuk mendapatkan massa yang kuat dan integral di beberapa sisi luar dan dalam. 

Batu yang akan dipasang dibasahi dahulu, lalu dibuat menjadi bidang luar yang harus sesuai dengan gambar rencana atau petunjuk Ahli. Anker/ stek dipasang dengan cara dibungkus campuran batu kali dengan adukan 10 cm sekelilingnya, sedalam 20 cm tiap 1 m' dengan diameter anker/ stek minimum 10 mm. yang termasuk dalam pekerjaan pondasi batu kali yaitu : 
1. Urugan pasir bawah pondasi dipadatkan Setelah penggalian simpulan dasar galian ditaburi dengan pasir urug setebal 5 cm secara merata ke seluruh galian.
2. Pasangan Aanstamping batu belah diisi pasir Pekerjaan penghamparan batu belah secara tegak lurus setebal 15 cm ditimbris pasir atau batu belah hingga kokoh dan kuat.
3. Pondasi batu belah Material batu belah yang keras tidak cacat dan tidak retak. Adukan yang digunakan untuk pasangan pondasi yaitu : 1Pc : 5Ps untuk bab bawah, sedang bab atas pondasi trasraam ( 30 cm ) dipergunakan adukan 1Pc : 3 Ps. Air yang digunakan bersih, tawar dari materi kimia yang sanggup merusak pondasi, asam kali atau materi organik. Pasir pasang sama ibarat syarat pasir beton, kadar lumpur yang boleh dikandung maksimal 10 % dan memiliki butiran antara 0 hingga 1 mm.
4. Pasangan susukan air hujan keliling bangunan Saluran air hujan dari parit tanah diisi batu/ ayakan pasir.

0 Response to "Metode Pelaksanaan Pondasi Batu Kali"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel