Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Material Pada Struktur Utama

Ketika kita hendak merancang suatu struktur, kita perlu mempertimbangkan Integrasi Sistem bangunan dalam Rancangan struktur tersebut. Apa yang dimaksud dengan Integrasi Sistem Bangunan ? ini ialah hal – hal yang perlu diperhatikan dikala kita akan merancang suatu bangunan, menyerupai pengaturan pembangunan, sistem transportasi, sistem pencahayaan, dll.
Aspek – aspek ini perlu diperhatikan alasannya ialah sangat penting bagi bangunan tersebut, baik selama proses tahap pelaksanaan hingga tahap selanjutnya bangunan akan digunakan. Jika tidak ada integrasi sistem bangunan yang baik maka sanggup terjadi hal – hal yang tidak diinginkan oleh pihak – pihak yang terlibat menyerupai keterlambatan proyek, atau problem lain yang sanggup timbul di masa pelayanan struktur tersebut.
Agar lebih jelas, kita sanggup lihat pada gambar dibawah ini, apa yang dimaksud perihal integrasi sistem struktur : 


Dari gambar diatas dan disamping terlihat bahwa dikala kita akan merancang bangunan, tentu sangat penting untuk mempertimbangkan faktor – faktor yang terlihat pada gambar menyerupai imbas dari cuaca, imbas dari kendaraan – kendaraan atau benda atau acara disekitar gedung. Semua hal – hal tersebut akan memperlihatkan imbas kepada struktur yang kita bangun, mulai dari imbas yang kecil hingga imbas yang besar.
Adapun kriteria dasar yang perlu diperhatikan, antara lain :
  1. Material Struktur : Material struktur sanggup dibagi menjadi empat (4) golongan diantaranya yaitu :
  1. Struktur Kayu
Struktur kayu merupakan struktur dengan ketahanan yang cukup, kelemahan dari material ini ialah tidak tahan terhadap api, dan adanya ancaman pelapukan. Oleh alasannya ialah itu material ini hanya digunakan pada bangunan tingkat rendah.

      B.     Struktur Baja
Struktur baja sangat sempurna dipakai pada bangunan bertingkat tinggi alasannya ialah material baja mempunyai kekuatan serta tingkat daktilitas yang tinggi kalau dibandingkan dengan material-material struktur yang lain.

      C.     Struktur Beton
Struktur beton banyak dipakai pada bangunan tingkat menengah sampai dengan bangunan tingkat tinggi. Struktur ini paling banyak digunakan kalau dibandingkan dengan struktur lainnya alasannya ialah struktur ini lebih monolit dan mempunyai umur rencana yang cukup panjang.
      

      d.     Struktur Komposit
Struktur ini merupakan adonan dari dua jenis material atau lebih. Pada umumnya yang sering dipakai ialah kombinasi antara baja struktural dengan beton bertulang. Kombinasi tersebut mengakibatkan struktur komposit mempunyai sikap struktur antara struktur baja dan struktur beton bertulang. Struktur komposit dipakai untuk bangunan tingkat menengah hingga dengan bangunan tingkat tinggi.




Post a Comment for "Jenis Material Pada Struktur Utama"