Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Metode Pelaksanaan Pemasangan Bowplank Yang Benar


Bowplank yaitu salah satu pekerjaan yang sangat penting. Mengapa? Bowplank yaitu kunci dari kelurusan dan simetrisnya bidang bangunan. Kesalahan ketika bowplank dapat sangat berakibat fatal pada bangunan contohnya bangunan menjadi tidak simetris, tidak siku, bahkan tidak rata elevasi bangunannya dan tentunya akan berakibat pada kerusakan bangunan dan sangat tidak kondusif untuk ditempati. Maka sangatlah penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara mengerjakan bowplank yang baik dan benar.

Pertama, kita harus tahu terlebih dahulu apa saja alat dan materi yang dipakai pada pekerjaan bowplank.

1). ALAT
- Palu/hammer 
- Gergaji
- Selang Waterpass
- Pensil atau Penanda lain
- Pisau atau Parang untuk meruncingkan patok

2). BAHAN
- Kayu Patok
- Papan
- Paku
- Benang atau nylon
Langkah - langkah pekerjaan bowplank yaitu : 
1). Tentukan luas bangunan yang direncanakan dan ambil jarak keluar dari pinggiran bangunan minimal 1 meter untuk memasangkan patok tiang bowplank. Kelebihan 1 meter untuk pemasangan bowplank ini dipakai untuk mempermudah pergerakan tukang ketika pekerjaan galian fondasi nantinya. 

2). Pasangkan kayu patok/tiang patok yang sudah diruncingkan pada setiap sudut bangunan. Jika luas bangunannya kecil hanya perlu di pasangkan pada sudut - sudut bangunan namun jikalau luas bangunannya cukup besar maka perlu dipasangkan beberapa tiang  patok yang sesuai dengan ukuran panjang papan.

3). Ukur ketinggian fondasi planning dengan memakai selang waterpass. Caranya yaitu berikan tanda pada tiang patok sesuai tinggi pondasi planning dan lalu dengan memakai selang waterpass diukur seluruh ketinggian pada tiang patok, pastikan elevasinya sudah sama tinggi alasannya yaitu tanda tersebut akan dipakai untuk memasang papan.

4). Pakukan papan pada tiang patok mengelilingi bangunan. Papan dipasangkan arah memanjang dan apabila panjang papan tidak cukup untuk keliling bangunan maka disambungkan dengan papan lain dengan cara diberikan tiang patok komplemen lalu pakukan sambungan papan pada tiang patok tersebut dan pastikan ukuran papan sama tinggi dan lebar alasannya yaitu elevasi papan akan menjadi contoh untuk tinggi fondasi bangunan. 

4). Pasang paku pada papan lalu pasangkan nylon atau benang pada paku - paku tersebut untuk memilih siku bangunan. Apabila bangunan sudah siku, barulah dipasangkan paku untuk memilih lebar atas pondasi dan AS Pondasi.

5). Pasangkan paku dan tarik benang membentuk Pondasi planning kita. Benang tersebut akan menjadi tanda bagi tukang untuk menggali fondasi dan menyusun kerikil fondasi.

Post a Comment for "Metode Pelaksanaan Pemasangan Bowplank Yang Benar"