Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Baja Konvensional Dan Baja Ringan

Oke di artikel ini, kita mau bahas wacana apa sih bedanya Baja Konvensional dan Baja Ringan ? bergotong-royong kalau dari namanya aja niscaya kita sudah tau bedanya. Umumnya kalau baja biasanya kita tau ukurannya niscaya besar, mempunyai beban berat, dan biasa di gunakan untuk konstruksi - konstruksi besar ibarat Menara Pemancar, Jembatan, Gudang - gudang besar, dan masih banyak lagi. Nah kalau baja ringan, niscaya eksklusif yang tersirat dipikiran kita sebab ada kata 'ringan' niscaya ialah baja tapi mempunyai beban yang ringan. 
Yups, bergotong-royong secara sederhana apa yang kita simpulkan sudah benar, tapi disini kita mau lihat segi teknis yang lebih mendalam lagi wacana perbedaan dari BAJA DAN BAJA RINGAN. 

BAJA KONVENSIONAL

 kita mau bahas wacana apa sih bedanya Baja Konvensional dan Baja Ringan  Perbedaan Baja Konvensional dan Baja Ringan
SUMBER : GOOGLE.COM
Definisi Baja ialah logam paduan, dimana logam besi (Fe) yang berfungsi sebagai unsur dasar dicampur dengan beberapa elemen lainnya, termasuk unsur karbon (C). Kandungan unsur karbon dalam baja berkisar antara 0.2% - 2.1% dari berat total baja tersebut sesuai grade-nya. Walaupun unsur utama pembentuk baja ialah besi (Fe) dan Karbon (C) tetapi ada unsur kimia lain lagi yang terlibat dalam pembentukan baja ini, diantarannya yaitu mangan, fosfor, sulfur, silikon, oksigen, nitrogen dan alumunium. 


BAJA RINGAN

 kita mau bahas wacana apa sih bedanya Baja Konvensional dan Baja Ringan  Perbedaan Baja Konvensional dan Baja Ringan
SUMBER : GOOGLE.COM
Definisi dari Baja Ringan ialah Baja berkualitas tinggi dimana baja ringan ini mempunyai kekuatan yang tidak kalah dengan baja konvensional  tetapi mempunyai tampilan fisik yang unik yaitu lebih tipis dan mempunyai beban yang ringan. Baja ringan mempunyai tegangan tarik tinggi yaitu (G550) maksudnya besar lengan berkuasa tariknya bisa mencapai 550 MPa. selain itu, baja ringan ini mempunyai modulus geser 80.000 MPa dan Modulus Elastisitasnya 200.000 MPa, sama kayak baja konvensional kan ?? 
Dalam pemilihan baja ringan pun tidak sembarangan, contohnya kita akan menentukan baja ringan untuk di gunakan pada struktur bangunan contohnya atap maka kita akan gunakan baja ringan dengan besar lengan berkuasa tarik 550 MPa sedangkan jikalau akan dipakai pada pecahan non struktur maka cukup dengan memakai baja ringan dengan tegangan tarik yang lebih rendah contohnya kualitas G300 atau G250, yang niscaya harganya pun berbeda. 

Nah kini kita mau lihat perbedaan yang signifikan dari baja konvensional dan baja ringan ini. yang pertama ialah : 

1. Proses Pembentukan
Dari segi proses pembentukannya, baja konvensional dibuat ketika masih berwujud liquid atau cairan dengan suhu yang sangat panas. Cairan baja tersebut akan dituang ke cetakan dengan teknik khusus yang tidak sembarang orang bisa melakukannya.
Beda halnya dengan baja ringan yang dibuat ketika suhu cairan baja mulai agak dingin. Perbedaan suhu tersebut menjadi faktor penyebab berat dan tidaknya massa besi baja itu.

2. Berat
Seperti yang singgung di awal artikel, yang niscaya perbandingan berat dari baja ringan dan baja konvensional menjadi sangat signifikan. Baja Konvensional dengan bentuk dan ukurannya yang besar lebih baik jikalau di gunakan menjadi struktur utama ibarat tiang kolom atau pilar sebab akan lebih efektif dalam penyaluran beban sedangkan baja ringan akan lebih efisien jikalau dipakai pada struktur yang lebih membutuhkan besar lengan berkuasa tarik tinggi tapi materialnya tetap ringan ibarat pembuatan atap sebab akan menggurangi beban yang harus di terima gedung/konstruksi tersebut. 

3. Komposisi Karbon. 
Kadar kandungan karbon dalam baja ringan sekitar 0.16% - 0.29% dari total berat sedangkan kadar karbon dalam baja konvensional mencapai 0.3% - 1.7 % dari berat total. Perbedaan komposisi kandungan karbon ini sangat mempengaruhi kekuatan dan daktalitas baja. Semakin banyak kandungan karbon, maka tingkat kekerasan dan kekuatan tarik akan tinggi tapi hal ini akan membuatnya menjadi getas dan pastinya tidak ulet. 

4. Kekuatan
Dari segi kekuatan, baja konvensional masih lebih unggul di bandingkan baja ringan sebab baja konvensional banyak mengandung karbon sehingga mengakibatkan baja konvensional lebih kaku dan besar lengan berkuasa dalam mendapatkan beban tapi tentunya tidak giat ya !!. 

5. Daktalitas
Nah kalau soal daktalitas niscaya baja ringanlah pemenangnya, sebab lebih daktail atau elastis di bandingkan dengan baja konvensional. 


Oke, sampailah kita pada kesimpulan bahwa BAJA RINGAN dan BAJA KONVENSIONAL mempunyai kelebihan dan kekurangan masing - masing, Soo... pilihlah material mana yang akan kalian gunakan dengan tentunya menyesuaikan kondisi lapangan dan proyek yang akan di kerjakan. berikut ialah pola proyek yang saya kerjakan, dengan memakai kombinasi antara pipa Galvanis sebagai tiang, beton sebagai kolom, dan konstruksi atap dengan Baja Ringan. 
 kita mau bahas wacana apa sih bedanya Baja Konvensional dan Baja Ringan  Perbedaan Baja Konvensional dan Baja Ringan
TERIMAKASIH



Post a Comment for "Perbedaan Baja Konvensional Dan Baja Ringan"