Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Administrasi Proyek ?

sumber : Google.com

Apa sih administrasi proyek itu ?? sebelum kita membahas perihal definisi dari administrasi proyek, alangkah lebih baiknya kalau kita tahu dulu perihal kata 'manajemen' dan 'proyek'. 

'Manajemen' secara umum sanggup di definisikan sebagai suatu seni dalam ilmu dan pengorganisasian menyerupai menyusun perencanaan, membangun organisasi dan pengorganisasiannya, pergerakan, serta pengendalian atau pengawasan. Atau biar lebih simpel di pahami, administrasi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang sistematis biar sanggup memahami mengapa dan bagaimana insan saling bekerja sama biar sanggup menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain maupun golongan tertentu dan masyarakat. 

'Proyek' ialah sebuah aktivitas yang bersifat sementara yang telah ditetapkan awal pekerjaannya dan waktu selesainya dan biasanya di batasi oleh waktu dan anggaran atau pendanaan. untuk mencapai tujuan dan hasil yang spesifik dan unik, dan pada umumnya untuk menghasilkan sebuah perubahan yang bermanfaat atau yang memiliki nilai tambah. 

sumber : Google.com

Jadi, Manajemen Proyek ialah sebuah disiplin ilmu yang mengkaji perihal perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan, pengendalian, untuk sanggup mencapai tujuan - tujuan proyek. Dalam ilmu administrasi proyek ini, kita akan mempelajari perihal bagaimana kita sanggup memanfaatkan sumber daya seoptimal mungkin untuk mencapai target yang telah di tentukan. fungsi dasar dari administrasi proyek ini ialah pengelolaan WAKTU, TENAGA, UPAH, MUTU. Pengelolaan aspek - aspek tersebut kalau di lakukan dengan benar maka hal ini merupakan kunci keberhasilan dalam penyelenggaraan suatu proyek. 

Dengan adanya administrasi proyek maka akan terlihat batasan mengenai tugas, wewenang, dan tanggung jawab dari pihak-pihak yang terlibat dalam proyek baik eksklusif maupun tidak langsung, sehingga tidak akan terjadi overlapping atau kiprah yang di lakukan secara bersamaan. 
Apabila fungsi - fungsi administrasi proyek di realisasikan dengan terang dan terstruktur, akan tujuan simpulan dari sebuah proyek akan terwujud yaitu: 

1. TEPAT WAKTU
2. TEPAT JUMLAH
3. TEPAT KUALITAS
4. TEPAT BIAYA
5. Tidak ada dilema Sosial
6. K3 sanggup tercapai dengan baik. 

Selain itu, dalam administrasi proyek kita akan berguru banyak hal untuk manajemen, menyerupai berguru perihal administrasi biaya, yaitu kita akan berguru bagaimana menciptakan RAB. kita juga akan berguru perihal administrasi waktu, yaitu kita akan berguru untuk menciptakan time schedule atau waktu pelaksanaan proyek, dan kita juga akan berguru perihal administrasi TENAGA, yaitu kita akan berguru untuk menangani dilema sosial yang timbul diproyek, dan masih banyak lagi yang sanggup kita pelajari dalam bidang ilmu manejemen proyek ini. 

Post a Comment for "Apa Itu Administrasi Proyek ?"