Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasang Keramik Dengan Mudah



Pekerjaan gunakan keramik untuk lantai tempat tinggal atau dinding rumah memang bukan pekerjaan yang mudah. Dibutuhkan tukang ahlinya yang punyai ilmu dan ketrampilan khusus. Tidak heran kendati pekerjaan pemasangan keramik dijalankan oleh seorang tukang bangunan, karena kurangnya jamkerja dan belum jadi biasa dalam pekerjaan ini, hasilnya seringkali mengecewakan pemilik rumah. Nat yang tidak saling bersua bersama dengan lurus dan jarak antara keramik yang tak sama sering menjadi salah satu penyebabnya.

Lakukan Pengukuran yang Benar dan Teliti

Sebelum keramik dipasang tersedia sebaiknya berdiskusi lebih-lebih dahulu bersama dengan pemilik rumah. Apa yang diinginkan pemilik pekerjaan bersama dengan apa yang tersedia di bayangan tukang kadang berbeda. Diskusi menyangkut bagian-bagian mana yang perlu muncul lebih rapi bersama banyak penampilan lapisan keramik yang utuh dan bagian mana daerah yang direncanakan sebagai pembuangan sisa keramik atau potongan-potongan.

Tentunya tidak seluruh anggota lantai atau dinding mampu dipasang keramik secara utuh, hingga harus pemotongan. Pekerja yang belum miliki kebiasaan seringkali salah di dalam pengukuran sampai hasil tidak maksimal.

Sejajar Lurus dengan Benar
Keramik lantai sekaligus dinding kerap jadi tantangan tersendiri. Pada pasangan yang rapi, nat-nat keramik pada dinding dan lantai idealnya saling bertemu. Permukaan lantai yang dihasilkan juga halus dan rata, terkecuali pasti saja untuk ruang tertentu seperti kamar mandi atau WC. Pasangan terhadap ruang-ruang tersebut justru umumnya permukaan miring. Untuk itu peralatan bantu wajib di sajikan layaknya tali, waterpass dan palu besi dan palu kayu.

Nat Paku
Dari pengalaman menyaksikan pemasangan keramik terhadap lantai rumah, selain pengukuran dan penggunaan tali, tersedia langkah khusus yang dapat diterapkan. Cara ini bermanfaat untuk melindungi jarak antar susunan keramik mirip besar dan konsisten. Jarak yang tidak berkelanjutan mengakibatkan hasil yang tidak rapi. Ada alat tertentu bersifat tanda plus yang dapat digunakan, atau pakai bentuk balok tipis layaknya penggaris yang tebal.

Jika tidak ada, untuk kepentingan ini mampu digunakan paku yang berukuran tengah seperti paku untuk reng. Selesai satu buah keramik pertama dipasang, dua buah paku bisa ditancapkan di keliru satu sisi keramik. Paku-paku inilah yang digunakan acuan untuk menentukan jarak antar keramik. Setelah paku terpasang barulah dipasang keramik di sebelahnya menempel rapat pada paku sebagai acuan jarak.

Demikian seterusnya, hingga lapisan keramik mempunyai jarak yang berkesinambungan sama. Tentunya standar lain senantiasa termasuk harus dilakukan, layaknya perendaman keramik di dalam air sebelum saat dipasang. Selain itu pemasangan semen putih untuk nat disarankan tidak terburu-buru. Tunggu lebih dari satu hari kemudian setelah keramik menempel bersama dengan kuat dan sisa-sisa udara di dalamnya muncul berasal dari celah nat.

Post a Comment for "Cara Memasang Keramik Dengan Mudah"