Menghitung Volume Kuda - Kuda


Mendengar kata Volume, niscaya bukan hal gila lagi di pendengaran kita para engineer sipil terutama yang bab Estimator nih, alias yang buat RAB. bergotong-royong sih tidak ada hal yang sulit jikalau kita paham. contohnya dikala kita mau hitung volume kubus yaitu : 
sumber : Google.com

sebagai contoh, contohnya kita namain aja setiap sisi dengan sebutan panjang, lebar dan tinggi. contohnya panjang 5 meter, lebar 5 meter, dan tinggi 5 meter, maka volumenya yaitu 5x5x5 = 125 m3 (meter kubik). mudahkan ? 

Sekarang yang mau kita bahas yaitu bagaimana cara menghitung volume jikalau itu yaitu sebuah rangka kuda - kuda yang sudah jadi ? jikalau masih balok permintaan simpel ya, tinggal hitung volumenya kayak pola di atas, Panjang x Lebar x Tinggi. 
Sewaktu saya kuliah dan di hadapkan pada pelajaran administrasi konstruksi dan berguru untuk menciptakan RAB, salah satu hal yang sulit bagi saya yaitu menghitung volume konstruksi kuda - kuda ini, sehabis saya pelajari dan paham ternyata tidak sulit kok. 
Nah.. jadi di artikel ini saya mau mengembangkan dengan teman - teman semua, bagaimana caranya kita menghitung volume kuda - kuda ini.





menyerupai pola gambar diatas, kita mau bahas bagaimana hitung volume kuda - kuda diatas : 

Penyelesaian : 
Yang pertama kita lakukan yaitu kita perlu menjumlahkan setiap panjang balok kayu yang ada. 

Panjang = (3.5x2) + (1,75x2) + (1,5x2) + 1,8 + 6 = 21.3 meter

lalu kita kalikan lagi dengan luas penampang balok yang kita gunakan, contohnya kita gunakan balok ukuran 8/12 cm, maka : 

Volume = Panjang x luas penampang balok
             = 21.3 x 0.08 x 0.12
             = 0,20448 m3 (selesai)

Gimana, mudahkan ?? hehehe..... nah, volume diatas barulah volume untuk 1 kuda - kuda, jikalau contohnya ada lebih dari 1 rangka kuda - kuda, artinya kita tinggal kalikan aja volume 1 kuda - kuda dengan jumlah kuda - kuda yang ada. Contohnya ada 3 rangka kuda - kuda, maka volume total 3 rangka kuda - kuda ini yaitu : 

Volume total = 0,20448 x 3 
                   = 0,61344 m3

jikalau kita mau cari tahu harganya, berarti hanya perlu mengkalikan volume total dengan harga satuan. contohnya harga satuan pekerjaan kuda - kuda 1 m3 yaitu Rp. 7.000.000,00 (Tujuh Juta Rupiah) maka total harga yang harus di anggarkan yaitu : 

Harga Anggaran = volume total x harga satuan
                        = 0,61344 x Rp. 7.000.000,00
                        = Rp. 4.294.080,00 

Gimana mudahkan ?? baiklah sekian dulu ya sedikit pengetahuan yang sanggup saya bagikan buat kalian semua, supaya bermanfaat. 


0 Response to "Menghitung Volume Kuda - Kuda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel