7 Macam Jenis Pipa Beserta Fungsinya

Pipa adalah benda berbentuk lubang silinder dengan lubang di tengahnya yang terbuat dari logam maupun bahan-bahan lain sebagai sarana pengaliran atau transportasi fluida berbentuk cair,gas maupun udara.
Fluida yang mengalir ini memiliki temperature dan tekanan yang berbeda-beda.Pipa biasanya ditentukan berdasarkan nominalnya sedangkan ‘TUBE’ adalah salah satu jenis pipa yang ditetapkan berdasarkan diameter luarnya.

Jenis Pipa Air dan Fungsinya
1. Pipa Air PVC

Pipa PVC (Poly Vinyl Chloride) adalah jenis pipa yang umum digunakan untuk mengalirkan air bersih, air bekas, drainase, serta air hujan.
Meskipun jenis pipa pvc ini memiliki warna yang beragam, putih adalah warna yang sering dipilih oleh kebanyakan orang.
Namun, tidak jarang juga orang menggunakan warna lain dengan tujuan untuk membedakan fungsi dari 1 pipa dengan pipa lainnya.

2. Pipa Air CPVC

Pipa CPVC atau dikenal juga dengan Chlorinate Poly Vinyl Chloride memiliki ketahanan suhu hingga 1.800 derajat Celsius.
Ketahanan ini disebabkan oleh ketebalan pipa (schedule) yang menjadi keunggulan dari pipa yang satu ini.
Pipa CPVC disarankan untuk instalasi air panas dan dingin karena sifatnya yang tahan terhadap perubahan suhu.

3. Pipa Air Tembaga 

Salah satu jenis pipa air yang satu ini umumnya dipakai untuk instalasi refrigerant karena sifatnya yang tahan terhadap suhu panas dan dingin.
Terlebih, instalasi pipa tembaga juga bisa diaplikasikan di dalam atau atas tanah.
Jika kamu hendak memasangnya di bawah tanah, lapisisi pipa dengan dengan pengaman agar terhindar dari pengaruh keasaman tanah.

4. PEX



PEX (Cross-linked Poyle Ethylene) adalah jenis pipa lainnya yang bisa digunakan untuk instalasi air dingin dan panas serta hidrolik karena sifatnya yang bisa menoleransi suhu dingin dan panas.
Harganya yang bersaing dan sistem penyambungan yang sederhana membuat banyak orang memilih pipa yang satu ini daripada pipa yang lain.

5. Pipa Air Galvanis 

Pipa galvanis adalah pipa air besi seng berlapis baja yang pemasangannya membutuhkan proses yang lebih rumit.
Pasalnya, instalasi pipa ini membutuhkan akurasi yang lebih tinggi daripada pemasangan pipa kebanyakan yang pemotongannya lebih mudah dilakukan.
Meskipun memiliki bahan yang aman untuk dipakai di dalam dan di luar tanah, memasang pengaman pada instalasi dalam tanah masihlah dianjurkan.
Hal ini dilakukan untuk menambah ketahanan pipa galvanis.

6. Pipa Air HDPE 

Pipa HDPE (High Density Polyethylene) merupakan pipa dengan material plastik non-toxic yang memiliki elastisitas tinggi.
Selain itu, pipa ini aman untuk mengalirkan air yang dibutuhkan untuk konsumsi rumah tangga.
Dengan karakternya yang elastis dan kuat, pipa yang satu ini cocok digunakan di area dengan tanah yang tidak stabil, curam, dan rawan bencana.

7. Pipa Air PP-R
 
Pipa dengan material polypropylene random ini diberkati dengan karakter unik karena sifatnya yang bisa menyalurkan air dengan tekanan dan suhu tinggi.
Dengan warna hijau yang mencolok, umumnya pipa ini digunakan untuk tujuan sanitasi di rumah.
Terlebih, pipa ini juga memiliki keunggulan lain meliputi tahan gempa, lentur, berbobot ringan, dan proses instalasinya mudah.

0 Response to "7 Macam Jenis Pipa Beserta Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel