Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Metode Pelaksanaan Menyambung Pipa PVC





Bagaimana cara menyambung pipa PVC yang benar? Pada proses awal pendirian suatu bangunan, instalasi akses air higienis merupakan salah satu tahap yang wajib diperhatikan dengan serius. Proses ini harus dilakukan sesuai dengan kaidah-kaidah yang benar supaya tidak mengakibatkan problem di kemudian hari. Kerusakan pada sambungan pipa air higienis tersebut tentu sanggup memicu terjadinya kebocoran yang sangat mengganggu. Begitu pun kalau kebocoran ini tidak lekas diperbaiki, maka bersiap-siaplah akan timbul problem yang serius di dalamnya.


Oleh alasannya ialah itu, proses pembuatan instalasi air higienis harus dilakukan secara cermat, hati-hati, dan sesuai aturan. Terlebih pada titik-titik sambungan pipa PVC yang digunakan. Jangan pernah sembarang menyambungkan pipa PVC ini lantaran kualitasnya niscaya tidak akan maksimal. Pastikan seluruh rangkaian dalam sambungan ini mempunyai kualitas yang bagus, kuat, tahan lama, dan anti bocor.
Untuk mendapat hasil sambungan pipa PVC yang bagus, simak panduan berikut ini!

Alat dan Bahan :
  • Pipa PVC
  • Sambungan pipa PVC
  • Lem khusus untuk pipa PVC
  • Ampelas halus
  • Kain lap yang bersih
Langkah-langkah :
  1. Siapkan pipa PVC dan sambungannya yang sesuai. Selalu gunakan lem khusus yang bersifat tahan air untuk menyambung pipa-pipa tersebut. Ampelas sanggup digunakan untuk membersihkan pecahan ujung pipa sekaligus menciptakan permukaannya menjadi lebih bergairah sehingga mempunyai daya cengkeram yang lebih kuat.
  2. Ambil lah pipa yang ingin disambung. Gosoklah pecahan ujung permukaannya menggunakan ampelas. Gerakkan ampelas secara memutar searah dengan jarum jam sebanyak 3-5 kali. Jangan terlalu berpengaruh menekan ampelas lantaran sanggup menciptakan dimensi pipa menjadi semakin tipis. Ingat, kita hanya ingin membersihkan dan mengasarkan permukaan pipa menggunakan ampelas tadi. Setelah itu, bersihkan permukaan ujung pipa ini menggunakan kain lap.
  3. Ambil sambungan pipa PVC. Bersihkan pecahan dalamnya menggunakan kain lap yang bersih. Pastikan pula kondisi seluruh pecahan di dalamnya telah benar-benar kering. Cek sekali lagi untuk memastikan sudah tidak ada abu dan kotoran di dalam sambungan pipa tersebut.
  4. Ambil lem khusus untuk pipa PVC. Oleskan cairan lem ini ke seluruh permukaan ujung pipa PVC. Kemudian oleskan pula cairan lem tersebut ke permukaan ujung pecahan dalam sambungan pipa PVC. Anda tidak perlu meratakan lapisan lem tersebut lantaran justru akan mengurangi daya rekatnya.
  5. Sesaat sehabis pecahan ujung pipa dan pecahan dalam sambungan pipa sudah dilapisi dengan lem, sambungkanlah keduanya. Caranya yaitu masukkan pecahan ujung pipa ke dalam sambungan pipa, kemudian tekanlah sekeras mungkin supaya keduanya menyaut dengan kuat. Tahan posisi tersebut selama beberapa ketika sampai lapisan lem mengering serta pipa dan sambungannya telah menyatu secara sempurna. Ulangi langkah-langkah di atas untuk menyambung pipa PVC dan sambungan pipa PVC yang lain.
Selamat mencoba!

Post a Comment for "Metode Pelaksanaan Menyambung Pipa PVC"