Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Metode Pemasangan Atap Spandek

Metode Pemasangan Atap Spandek

 
Atap spandek atau yang lebih dikenal dengan sebutan galvalum atau baja lapis aluminium mempunyai permukaan yang bergelombang dan terbuat dari baja lapis tahan karat. Atap ini diklaim oleh produsennya mempunyai daya tahan 4x lipat
dibandingkan dengan baja galvanis dengan ketebalan lapisan yang sama. Beberapa produsen atap baja ringan juga seringkali menambahkan silikon guna meningkatkan kelenturan dari atap spandek. Adapun perhitungan komposisi yang lazim digunakan untuk membentuk spandek atap yaitu alumunium 55%, kandungan seng  43%, dan silikon berkisar 2%. Atap spandeck mempunyai lapisan pelindung yang berdaya tahan tinggi terhadap korosi.
Percampuran ketiga materi di atas bisa menghasilkan satu jenis atap bangunan dan rumah yang simpel dibentuk, kuat, dan awet. Selain itu, bab permukaan spandek atap juga sengaja didesain sedemikian rupa biar bisa dicat, sehingga proses pewarnaannya sanggup berlangsung efektif, efisien dan ekonomis. Hal inilah yang menciptakan atap spandek cocok digunakan untuk bermacam kebutuhan manufaktur dan atap bangunan.


Atap spandek umumnya diaplikasikan untuk epilog atap gudang, ruko, pabrik, mall, dan banyak sekali bangunan lainnya. Ukuran ketebalan spandek atap yang tersedia di pasaran bervariasi antara 0.3 hingga 0.5 mm. Sedangkan lebar bentangannya juga bermacam-macam. Begitu pula dengan warna yang tersedia juga bermacam-macam mulai dari hitam, abu-abu,putih,  biru, merah, kuning, cokelat, hijau, dan ungu.

Mengenai daya tahan, atap spandek sering dinyatakan sebagai salah satu materi atap yang paling awet. Atap jenis ini bisa bertahan hingga lebih dari 20 tahunan. Perpaduan antara unsur seng dan alumunium menciptakan atap spandek juga mempunyai sifat anti rayap dan antikarat.
Atap spandek sanggup diaplikasikan dengan jarak gording sekitar 120mm alasannya yaitu profilnya mempunyai banyak lekukan yang akan menciptakan kaku dan kokoh. Menggunakan epilog atap bangunan dengan atap spandek mempunyai beberapa keunggulan antara lain: desain profil kokoh membuatnya lebih hemat dan efisien, dan mmiliki efek terhadap fungsi bangunan, lebih sejuk, desain yang terlihat futuristic, dan warna yang tidak simpel pudar dan lebih tahan karat.




Mengenai cara pemasangan atap spandek, anda perlu mengetahui beberapa langkah berikut:
– Pengukuran jarak tumpuan

– Desain kuda kuda galvalum. Ada bermacam-macam faktor dalam desain kuda  kuda yaitu kemampuannya dalam menahan beban, tingkat kemiringan atap bangunan (agar air hujan mengalir lancar ), dan penentuan panjang top chord. Anda disarankan menyertakan hebat dalam pelaksanaan pekerjaan konstruksi rangka atap bangunan supaya tidak terjadi gagal struktur.
– Pemasangan kuda kuda. Apabila desain selesai, barulah pelaksanaan pemasangan kuda kuda bisa dilakukan.

– Pemasangan reng. Proses pemasangan reng tergantung pada tipe/ jenis epilog atap yang dipakai. Pilihlah reng yang pas mengingat jarak antar reng yang tidak selalu sama.
– Pemasangan atap. Cara pemasangan atap spandek harus dilakukan dengan rapi sehingga tidak terjadi kebocoran dikala hujan
– Pemasangan nok pinggir, rabung, dan flashing. Wajib dilakukan secara rapi, berpengaruh dan juga teliti.


Post a Comment for "Metode Pemasangan Atap Spandek"