Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengaplikasikan Nat Yang Baik Dan Benar


Anda hendak mengaplikasikan nat tetapi kebingungan sendiri lantaran tidak tahu caranya? Tenang lantaran kami selalu ada di sini untuk menunjukkan panduan dasar wacana serba-serbi rumah kepada Anda. Termasuk salah satunya yaitu panduan cara mengaplikasikan nat yang baik dan benar. Pekerjaan ini biasanya kita lakukan dikala sudah tamat memasang keramik. Nat berfungsi untuk mengisi celah-celah kecil yang terbentuk di antara susunan keramik.

Tujuan utama proteksi nat biar keramik-keramik yang telah berhasil kita pasang sanggup merekat semakin berpengaruh satu sama lain. Tampilan susunan keramik tersebut juga menjadi lebih rapi lantaran tidak ada lagi celah-celah yang terbentuk di antaranya. Anda sanggup menggunakan semen biasa untuk dipakai sebagai nat. Namun jikalau menginginkan hasil yang lebih bagus, kami sarankan pakailah produk nat khusus. Produk ini tersedia dalam warna-warni yang beraneka ragam.

Pada dasarnya tidak terlalu sulit kok untuk sanggup mengaplikasikan nat. Anda hanya perlu mengencerkan debu semen/produk nat khusus menggunakan air secukupnya. Pastikan Anda mengaduknya hingga menjadi adonan yang benar-benar tercampur rata. Periksa sekali lagi untuk memastikan tidak ada nat yang masih berbentuk debu kering. Barulah kemudian Anda sanggup mengaplikasikannya di celah-celah keramik. Usahakan ketinggian lapisan nat ini rata/sama menyerupai permukaan keramik ya.

Di bawah ini tips-tips dari kami biar Anda sanggup mengaplikasikan nat secara maksimal! 

1. Bersihkan Celah-celah Keramik
Anda harus mempersiapkan bidang kerja terlebih dahulu sehingga nantinya lapisan nat sanggup mengisi dengan sempurna. Caranya yakni membersihkan area tersebut dari kotoran dan debu hingga benar-benar bersih. Anda sanggup menggunakan kuas dan kape untuk menghilangkan sisa semen yang terdapat di celah-celah keramik. Gunakan kape untuk mengikis lapisan semen yang timbul di celah keramik, kemudian sapu menggunakan kuas. Cara ini juga sanggup mencegah risiko terjadinya popping (keramik meledak). 

2. Buat Adukan Nat yang Kental
Kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan produk nat khusus sebagai pengisi celah-celah keramik. Jika Anda perhatikan dengan baik, ada petunjuk pemakaian dari produk nat ini. Anda harus mengikuti petunjuk tersebut, baik cara pencampuran maupun takarannya. Tuangkan debu nat terlebih dahulu ke dalam wadah khusus, kemudian tambahkan air sedikit demi sedikit. Aduklah hingga semua bahannya larut dan tercampur rata. Buatlah adukan nat yang cukup kental serta tidak terlalu kering atau terlalu encer.

3. Aplikasikan Memakai Kape Plastik
Adukan nat yang sudah jadi lantas sanggup Anda aplikasikan di celah-celah keramik. Anda sanggup menggunakan kape plastik untuk menerapkan adonan nat tersebut. Kalau ada, Anda pun sanggup menggunakan rakel karet. Mau yang lebih murah dan praktis? Gunakan saja bagian sandal jepit bekas! Oleskan adukan nat  secara melintang dan sejajar dengan susunan keramik. Lakukan sebanyak beberapa kali biar adukan nat ini benar-benar masuk ke dalam lubang celah-celah keramik, bukan hanya melekat di bab atasnya. 

4. Ulangi Pemberian Lapisan Nat
Kadang-kadang lapisan nat akan menyusut sehabis kondisinya mengering. Akibatnya ketinggian lapisan nat tersebut tidak rata dengan permukaan keramik. Timbul cekungan di celah-celah keramik yang telah diisi nat. Agar dilema ini tidak terjadi, Anda wajib menyidik ulang setiap celah keramik. Aplikasikan kembali adukan nat tadi pada celah-celah yang belum rata. Jangan lupa juga untuk mengisi celah-celah pertemuan antara keramik dan dinding. 

5. Bersihkan Permukaan Keramik
Adukan nat sanggup merekat sangat berpengaruh di atas permukaan keramik apabila kondisinya sudah kering. Keramik yang tertutupi oleh adukan nat tersebut akan menjadi kusam, bernoda, dan tidak menarik. Oleh lantaran itu, Anda perlu membersihkan adukan nat yang tercecer di keramik menggunakan kain lap. Bersihkan permukaan keramik menggunakan kain lap yang lembap dengan mengusapnya menuju ke arah belakang. Usahakan menggunakan kan lap higienis ya!

Post a Comment for "Cara Mengaplikasikan Nat Yang Baik Dan Benar"