Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Metode Pelaksanaan Floor Deck (Bondek)

  Bagaimana cara memasang floor deck yang  benar Metode Pelaksanaan Floor Deck (Bondek)

Bagaimana cara memasang floor deck yang benar? Floor deck ialah materi bangunan yang berfungsi sebagai penahan lantai cor. Ini merupakan material yang sanggup dipakai untuk menggantikan peranan bekisting ketika mengerjakan pengecoran pelat lantai. Merk dagang produk floor deck yang paling populer di Indonesia ialah bondek/bondeck.

Pada umumnya, materi baku pembuatan floor deck yaitu baja galvanis yang mempunyai tingkat kekuatan yang tinggi sehingga sanggup menopang beban struktur pelat lantai di atasnya. Bentuk dari steel floor deck ini biasanya berupa lembaran pelat tipis yang bergelombang. Ukuran tebalnya berkisar antara 0,75-1 mm. Sedangkan lebarnya antara lain 870 mm, 995 mm, dan 1000. Adapun panjang steel floor deck sanggup diadaptasi terhadap kebutuhan daerah yang akan dikenai pekerjaan pengedakan yaitu 8-12 meter.

Dibandingkan dengan materi konvensional lainnya, floor deck berbahan baja ini sanggup menghemat kebutuhan besi tulangan pada suatu pekerjaan pembuatan pelat lantai. Artinya jikalau daerah pemasangannya semakin luas, maka penghematan anggaran pembangunannya pun bakal semakin besar. Seain itu, material ini juga telah teruji mempunyai daya tahan yang lebih baik terhadap api serta memenuhi standar keamanan.

Kelebihan lainnya, floor deck sanggup diaplikasikan pada gedung pencakar langit yang dibangun dari puluhan lantai. Yang tak kalah penting, pemakaian steel floor deck sanggup mempermudah proses pembuatan dak beton, baik ketika persiapannya maupun pengerjaannya. Walaupun secara harga floor deck berbahan baja ini lebih mahal daripada bahan-bahan lainnya, namun penghematan RAB ketika pelaksanaannya sanggup mencapai 25-30 persen.

Berikut ini langkah-langkah pemasangan floor deck (bondek) yang benar :
1. Pedoman Pemasangan
Secara prinsip, floor deck sanggup dipasang di atas rujukan portal konstruksi baja, beton, atau watu bata. Panjang floor deck yang dipakai sekurang-kurangnya harus sanggup menutupi dua bab bangunan dan mempunyai jarak bentang yang efisien. Sambungan yang terletak di antara dua panjang panel krisdek juga diusahakan seminimal mungkin. Meskipun panel deck ini sanggup menjadi bekisting yang kondusif ketika kondisi beton masih basah, tetapi sebaiknya gunakan papan untuk lintasan pekerja dan sebisa mungkin hindarilah pemutusan beban.

2. Pemasangan Pada Konstruksi Baja
Pemasangan floor deck di atas rujukan baja sanggup dimulai sesudah pekerjaan konstruksi portal baja selesai diukur dengan lot dan waterpass. Pemasangannya dilakukan dengan membentangkan material ini secara menerus, kemudian diikat menggunakan las listrik atau paku tembak. Selanjutnya jarak pemikul simpulan ditentukan berdasarkan gaya geser, di mana biasanya kurang lebih 5 cm.

3. Pengikatan dengan Las
Langkah berikutnya ialah mengelas bab ujung dek dari atas ke bawah menggunakan las cantum yang berdiameter 10 mm pada bab rata sisi-sisi rusuk panel. Pada rujukan tengah setiap panel dek juga perlu dilas di bab rata sisi rusuk betina menggunakan kawat las baja colulose AC/CD yang berukuran 3,25 mm.

4. Penyempurnaan Pemasangan Dek
Tutup lubang rusuk dek pada sisi bidang lantai cor menggunakan pita perekat. Selanjutnya lakukan penyempurnaan sambungan rujukan sisi rusuk panel dek yang berjarak sekitar 100 cm dengan cara dilas cantum, di-revet beliau 5 mm, atau dipasangi sekrup. Bila ketika estimasi dibutuhkan adanya materi bangunan yang berfungsi menahan geser, maka material tersebut perlu dilas atau ditanam pada balok rujukan yang berada di antara bab lembeh rusuk dek. Usahakan jarak dari ujung penahan geser ke permukaan beton tidak kurang dari selimut beton yakni berkisar 25 mm. Penghitungan jarak penempatan ini dihitung berdasarkan diagram gaya lintang balok tulangan sudut biar sanggup diperoleh pembebanan yang merata .

5. Persiapan Pengecoran
Untuk melaksanakan persiapan pengecoran, diharapkan tiang penyangga sementara yang berkhasiat untuk mencegah terjadinya lendutan pada waktu cor beton masih dalam kondisi basah. Setelah umur beton mencapai sekitar 7-14 hari, tiang penyangga sementara tersebut sanggup dilepaskan.

Post a Comment for "Metode Pelaksanaan Floor Deck (Bondek)"