Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Metode Pelaksanaan Pemasangan Keramik Di Anak Tangga

Bagaimana cara memasang keramik di anak tangga? Ini merupakan salah satu pekerjaan yang cukup rumit, di mana Anda diharuskan memasang kepingan-kepingan keramik satu per satu di susunan anak tangga dengan rapi. Bukan kasus soal praktis atau susah. Di sini Anda membutuhkan lebih dari sekadar teknik untuk sanggup memasang keramik dengan benar. Yap, keterampilan dan pengalaman Anda akan sangat membantu keberhasilan pekerjaan yang satu ini.

Proses pemasangan keramik di anak tangga bekerjsama masih sama ibarat memasangnya di lantai atau dinding. Anda sanggup menempelkan keramik-keramik tersebut memakai adukan perekat dari adonan semen, pasir, dan air. Namun tingkat kesulitan pekerjaan ini jauh lebih tinggi sebab ada lebih banyak bidang yang perlu diperhatikan kerataannya. Salah satunya yang paling penting ialah bidang pertemuan antara keramik yang terpasang secara mendatar dan keramik yang bangun tegak.

Ada sebuah teknik yang dinamakan berkelahi manis untuk mempermudah pemasangan keramik di bidang pertemuan tadi. Dengan mengaplikasikan teknik berkelahi manis ini, keramik-keramik sanggup terpasang dengan berpengaruh di bidang pertemuan dan penampilannya pun rapi. Teknik dasarnya yaitu Anda perlu membentuk sudut 45 derajat terlebih dahulu di masing-masing sisi keramik yang akan dipertemukan. Sehingga ketika dipasang nanti sudut pertemuan keramik tersebut akan membentuk ibarat ujung pigura.

Berikut ini panduan untuk Anda dalam memasang keramik di anak tangga!
Langkah I. Bentuk Sudut Keramik
Anda perlu membentuk pinggulan dengan sudut 45 derajat di cuilan pinggir keramik yang nantinya akan dipertemukan. Pastikan sudut yang dibuat tersebut sudah pas dengan mempertemukan kedua sisi pinggir keramik pada bidang yang datar. Jika kedua sisi pinggir keramik sanggup bertemu dengan pas artinya Anda sudah berhasil dalam membentuk sudut pinggulnya. Namun kalau masih ada celah atau ganjalan, Anda perlu menyempurnakan sekali lagi bentuk sudutnya.

Langkah II. Terapkan Adukan Semen
Pemasangan keramik di anak tangga harus dimulai dari cuilan tangga yang paling atas. Berikan adukan semen pada bidang kerja yang akan dipasangi keramik. Lalu pasang keramik yang mendatar terlebih dahulu. Kemudian Anda sanggup menawarkan juga adukan semen di cuilan vertikal/bagian yang bangun tegak. Khusus di cuilan ini harus diikuti dengan dukungan bubuk semen kering supaya kondisi adukan perekat tidak terlalu basah. Sehingga pada ketika keramik diketuk-ketuk untuk meratakan permukaannya nanti, adukan tersebut tidak berjatuhan ke bawah. Adukan semen yang berjatuhan akan menjadikan keramik menjadi kopong sehingga praktis pecah.

Langkah III. Pasang Keramik di Posisinya
Langkah selanjutnya yakni menempelkan keramik yang terpasang secara vertikal/berdiri tegak. Tetapi sebelumnya, Anda perlu menaburkan bubuk semen kering secukupnya ke cuilan belakang keramik tersebut supaya lebih cepat menempel. Pasang keramik sempurna di posisi yang telah ditentukan. Kemudian lakukan pengukuran kembali posisinya dengan benang teladan apakah sudah benar atau belum. Setelah posisinya sudah sesuai, ketuklah keramik supaya sanggup melekat dengan baik. Pasang ganjalan berupa watu atau paku di bawah keramik untuk menahan sementara posisinya supaya tidak turun

Langkah IV. Periksa Bagian Adu Manis
Anda harus memastikan cuilan pertemuan sudut keramik yang dibuat memakai teknik berkelahi manis sudah benar-benar rapi dan rata. Gunakan waterpas untuk menilik tingkat kerataan permukaan bidang tersebut. Jika alhasil bagus, Anda sanggup melanjutkan pekerjaan dengan memasang keramik-keramik yang lain di anak tangga cuilan bawahnya. Setelah keramik terpasang, jangan lupa untuk selalu mengecek kerataannya memakai waterpas. Begitu seterusnya hingga seluruh anak tangga berhasil dipasangi keramik.

Langkah V. Aplikasikan Nat secara Melingkar
Anda harus mengaplikasikan nat untuk memperindah susunan keramik yang telah terpasang. Silakan gunakan materi nat khusus atau semen putih untuk melaksanakan keperluan yang satu ini. Penerapan nat pada susunan keramik di anak tangga berbeda dengan lantai atau dinding. Terapkan adukan nat tersebut dengan dibuat sedikit melingkar supaya aman, sudutnya tidak tajam, dan tampil lebih menarik.

Post a Comment for "Metode Pelaksanaan Pemasangan Keramik Di Anak Tangga"