Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Metode Pelaksanaan Pemasangan Septic Tank Biotech



Bagaimana cara memasang septic tank biotech? Kamar mandi menjadi ruangan yang penting bagi seluruh penghuni rumah. Ruangan ini merupakan daerah di mana acara mandi, cuci, dan kakus (MCK) berlangsung. Oleh lantaran itu, keberadaannya wajib dimiliki oleh sebuah rumah yang ideal.

Untuk mendukung fungsi kamar mandi sebagai daerah kakus, ruangan ini dilengkapi dengan kloset. Selanjutnya kloset tersebut terhubung dengan septic tank melalui pipa-pipa sebagai salurannya. Septic tank ialah daerah penampungan limbah yang aman. Kini sudah ada septic tank model gres yang bekerja dengan sistem bioteknologi sehingga lebih ramah lingkungan.

Keunggulan lain dari septic tank biotech ialah fasilitas dalam pemasangannya. Berikut ini panduan lengkap proses pemasangan septic tank biotech yang benar : 

1. Menentukan Lokasi Pemasangan
Lokasi penanaman septic tank harus dipilih yang benar-benar tepat. Meskipun septic tank ini diklaim tidak akan mencemari lingkungan sehingga sanggup diletakkan berdampingan dengan sumur, tetapi tidak ada salahnya Anda berjaga-jaga dengan menawarkan jarak tertentu. Disarankan pasanglah septic tank bio sejauh minimal 10 m dari posisi sumur. Dengan demikian, Anda tidak perlu waswas lagi atas terjadinya kemungkinan terburuk. Begitu pula jikalau usia pakai septic tank ini sudah habis, Anda cukup menggantinya saja tanpa perlu menciptakan ulang sumur.

2. Membuat Galian Tanah
Septic tank dipasang dengan cara ditanamkan di dalam tanah sehingga limbah dari kloset yang berada di atas permukaan tanah sanggup meluncur ke dalamnya. Itu sebabnya, Anda perlu menggali tanah guna menciptakan lubang sebagai daerah pemasangan septic tank tersebut. Buatlah lubang seukuran septic tank yang Anda beli dengan kedalaman yang diadaptasi dengan terusan pipa WC. Kemudian taburkan pasir halus yang dipadatkan ke dalam lubang tersebut sebagai landasan septic tank biar posisinya rata dan stabil dengan ketebalan kira-kira 10 cm. 

3. Memasang Septic Tank
Setelah lubang tempatnya sudah selesai dibuat, sekarang waktunya Anda untuk memasukkan septic tank biotech. Letakkan septic tank ke dalam lubang, kemudian aturlah posisinya sedemikian rupa supaya benar. Pastikan posisinya rata sesuai ketinggian muka air. Setelah itu, pasang pipa-pipa sambungan untuk inlet dan outlet yang melengkapi produk septic tank tersebut. 

4. Memasukkan Air Pertama
Langkah berikutnya ialah mengisi septic tank dengan air hingga memenuhi seperempat potongan volumenya. Air sanggup dimasukkan melalui semua manhole ke masing-masing potongan biotank secara bahu-membahu dan seimbang. Kemudian timbun lubang pemasangan septic tank menggunakan tanah di sekelilingnya hingga ketinggian tanah mencapai 1/4 dari tinggi septic tank. 

5. Memasukkan Air Kedua
Pekerjaan tahap ini sama menyerupai langkah di atas, tetapi pengisian air dilakukan hingga memenuhi setengah total volume tangki. Berikutnya lubang di sekitar septic tank tersebut pun diurug menggunakan tanah hingga ketinggiannya mencapai 1/2 dari tinggi total. Setelah itu, pengisian air ke dalam septic tank dilakukan sekali lagi hingga melewati potongan outlet. Barulah kemudian dilanjutkan dengan menimbun galian tanah hingga setinggi leher manhole.

6. Menyempurnakan Pemasangan
Di tahap terakhir ini, Anda sanggup memasang pipa yang bertugas sebagai terusan ventilasi. Tujuannya yaitu sebagai lubang sirkulasi udara sehingga terusan yang melengkapi septic tank tidak tersumbat serta bakteri-bakteri yang hidup di dalamnya pun sanggup berkembang biak dengan baik. Agar keamanan septic tank terjamin, disarankan untuk menyebarkan epilog di atas septic tank biotech. Anda sanggup menciptakan semacam epilog dari cor beton bertulang yang dibangun sempurna di atas septic tank.

Post a Comment for "Metode Pelaksanaan Pemasangan Septic Tank Biotech"