Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Sempurna Menciptakan Sudut Siku Pada Bangunan



Bagaimana cara menciptakan sudut siku pada bangunan? Sudut siku-siku mempunyai ukuran sebesar 90 derajat. Banyak orang yang kurang memperhatikan ketepatan dalam menciptakan sudut ini. Padahal sudut siku kuat besar terhadap keindahan dan kekuatan suatu bangunan.

Tujuan utama pembuatan sudut siku ialah untuk memastikan bangunan mempunyai bentuk yang benar-benar persegi empat. Dengan demikian interior pun lebih rapi dan memudahkan kita dalam memasang perlengkapan bangunan lainnya menyerupai lantai dan plafon. Selain itu, pembuatan sudut siku ini dimaksudkan supaya pemakaian materi bangunan bersifat efektif dan tidak sia-sia untuk pendirian garis yang tidak berguna.

Ruangan yang mempunyai sudut siku-siku juga simpel diisi dengan aneka macam macam alat dan perabotan. Pun nilai estetika dan arsitektur dari ruangan tersebut menjadi lebih tinggi alasannya ialah komponen-komponennya terpasang sesuai rencana. Bayangkan tentu akan terlihat asing sekali kalau anda menemui ruangan yang miring secara tidak sengaja di salah satu sisinya. Pembuatan sudut siku-siku juga mensugesti tingkat kekuatan bangunan, yang mana sudut ini memilih peletakan titik yang benar dalam pemasangan struktur-struktur bangunan.

Terdapat tiga metode yang sanggup dipakai dalam pembuatan sudut siku pada bangunan, antara lain :

1. Memakai Penggaris Siku
Untuk orang awam, pembuatan sudut yang siku-siku sanggup dilakukan dengan hanya menggunakan penggaris siku. Tentu metode ini sangatlah simpel dikerjakan lantaran cukup menempelkan kedua sisi penggaris yang saling tegak lurus. Akan tetapi teknik ini mempunyai tingkat keakuratan yang kecil. Selain lantaran penggaris cenderung bergoyang-goyang, kesalahan juga seringkali diakibatkan oleh ketidaktepatan dalam menarik garis siku-siku yang sudah terbentuk. Sebagai alternatif penggaris siku, anda sanggup merancang sendiri suatu alat bantu yang berukuran cukup besar dan mempunyai sudut siku-siku yang benar.

2. Mengaplikasikan Teorema Pythagoras
Teorema Pythagoras mengemukan bahwa segitiga siku-siku terbentuk dari tiga buah garis yang mempunyai perbandingan kuadrat garis miring sama dengan jumlah kuadrat kedua garis yang membentuk sudut siku-siku. Secara singkat, perbandingan ketiga garis yang paling simpel dihitung ialah 3:4:5, di mana 3 dan 4 untuk garis pembentuk sudut siku-siku serta 5 sebagai garis miring. Teknik kedua ini biasanya dipakai oleh para tukang bangunan dalam menciptakan sudut siku lantaran simpel dikerjakan dengan rumus tidak begitu rumit, mempunyai tingkat akurasi yang baik, dan alat-alat bantu yang diharapkan pun terbilang sederhana
Dalam menciptakan segitiga siku-siku ini, anda membutuhkan tali, paku, dan palu sebagai penanda garis yang bakal dibuat. Misalnya anda ingin menciptakan segitiga dengan ukuran ketiga sisinya yaitu 60 cm, 80 cm, dan 100 cm. Buatlah dua garis yang saling tegak lurus dengan panjang masing-masing 60 cm dan 80 cm. Kemudian pastikan kedua garis yang bertabrakan tersebut mempunyai posisi yang sempurna tegak lurus dengan menarik kedua titik terluar garis-garis semoga saling bertemu. Sesuaikan penempatan ketiga garis ini hingga garis yang miring mempunyai panjang sejauh 100 cm. Maka sudut yang terbentuk di dalam segitiga ini ialah siku-siku.

3. Menggunakan Alat Teodolit
Beruntung bagi mereka yang pernah mengenyam ilmu ihwal bangunan lantaran kemungkinan besar sudah berkenalan dengan alat yang disebut teodolit. Yap, fungsi utama alat ini ialah untuk membantu menciptakan sudut dengan derajat tertentu sesuai keinginan. Kaprikornus menciptakan sudut siku menggunakan alat teodolit mempunyai tingkat akurasi yang tinggi. Namun hal ini juga dipengaruhi oleh profesionalisme pekerja mengingat teknik penerapan metode ini cukup rumit.
Mulailah dengan mendirikan alat teodolit ini dan pastikan posisinya datar dengan memperhatikan keberadaan gelembung di tabung datar (nivo). Lalu tentukan peletakan titik 0 derajat melalui teropong yang terpasang di alat ini, jangan lupa menandainya dengan kayu patok. Berikutnya putar teropong ke titik 90 derajat dan tandai juga dengan patok. Setelah itu anda sanggup memasang tali yang mengikat ketiga patok ini sehingga sekarang terbentuklah sudut siku yang tepat.

Post a Comment for "Cara Sempurna Menciptakan Sudut Siku Pada Bangunan"