Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Cara Membuat Taman Di Halaman Belakang



Tips Membuat Taman Di Belakang Rumah.

Rumah yang indah adalah idaman semua orang. Rumah yang indah umumnya tidak pernah lepas dari adanya taman. Walaupun rumah mewah dan besar namun jika tidak ada tamannya, serasa kurang lengkap keindahan dan kenyamanannya. Tak sedikit yang mengikutsertakan taman dalam suatu hunian, baik itu diletakkan di depan rumah, di samping, maupun di belakang.

Taman mempunyai beberapa fungsi antara lain sebagai hiasan atau dekorasi eksterior serta bisa juga berfungsi sebagai tempat relaksasi untuk menghilangkan penat dan stres. Taman akan membuat rumah terlihat lebih. rindang dan sejuk. Selain itu, ketika sedang bersantai disana maupun sekedar memandangnya, maka akan memberikan ketenangan bagi pikiran. Bagi anda yang mempunyai anak kecil maka taman bisa digunakan sebagai arena bermain. Untuk melakukan piknik di rumah sendiri serta mengadakan acara pesta berkonsep pesta kebun yang santai tapi penuh dengan kesan keakraban. Cara membuat taman di rumah tidaklah sulit. Bahkan tidak juga diperlukan keahlian khusus. Bagi anda yang ingin membangun sebuah taman. pada rumah, maka berikut ini akan saya bagikan tipsnya.

Langkah Pertama
Pastikan terlebih dahulu letak taman tersebut. Identifikasi lahan kosong yang bisa anda manfaatkan sebagai taman. Hal ini berkaitan dengan model rumah anda. Jika rumah anda minimalis, maka taman sebaiknya diletakkan di depan rumah agar terlihat lebih luas dan mudah terlihat. Dan juga mempunyai nilai tambah untuk menambah nuansa sejuk pada pemandangan sekitar rumah. Bisa juga diletakkan di belakang rumah. Yang akan sangat bermanfaat untuk menambah kelancaran sirkulasi udara di dalam rumah. Jika sudah memastikan letak tamannya.

Langkah Kedua
yaitu memikirkan apa saja perlengkapan serta benda-benda yang akan mempercantik taman anda. Beberapa di antaranya yang umum yaitu tanaman perdu, pot bunga, bebatuan, rumput hijau, serta kolam. Menanam pohon perdu sangat tepat dilakukan karena akan mendukung kesan rindang dan sejuk pada taman rumah anda. Sayangnya hal ini kembali lagi pada model rumah. Menambahkan pohon perdu pada taman hanya cocok jika taman berada di depan atau di belakang rumah. Jika anda yang ingin membuat taman di dalam rumah atau yang biasa dikenal dengan istilah desain taman kering, maka sepertinya hal ini justru memperburuk keadaan taman.

Langkah Ketiga
Letakkan batu - batu alam akan menambah taman terlihat natural, jika anda tidak menemukan batu alam, bisa juga dibuat bentuk batu dari semen, peletakan batu-batuan dimaksudkan untuk membuat taman terlihat lebih menarik, rapi, dan natural. Peletakan batuan juga dimaksudkan agar taman selalu kering pada saat kena air hujan sehingga tidak becek jika terkena air hujan.

Langkah keempat
Jangan lupa rumput, rumput sifatnya wajib karena penambahan rumput membuat taman terlihat alami, hijau dan luas, yang bisa dimanfaatkan untuk area bermain anak-anak dan sarana olah raga pagi atau senam bagi pemilik rumah, oleh karena itu rumput taman. sifatnya adalah hal mutlak. Pergunakan rumput hijau ataupun rumput hias, baik seperti rumput di lapangan sepak bola maupun lapangan golf. Rumput bisa anda jadikan sebagai dasar dari taman dan bisa juga hanya sebatas hiasan di tepiannya. Untuk membuat sebuah taman modern, anda harus memperhatikan struktur elemen anorganik yang digunakan sebagai tempat vegetasi. Taman modern dapat didesain dengan bentuk dasar pola geometris. Misalnya Anda bisa menambahkan sebuah elemen pagar besi atau elemen batu yang mempunyai struktur dan garis linear. Anda juga bisa menambahkan patung sebagai daya tarik visual. Sedangkan untuk pemilihan vegetasi sebaiknya vegetasi berukuran mini dengan variasi warna yang tidak terlalu ramai.

Langkah Kelima
Jika masih ada tempat yang memungkinkan, bisa ditambahkan pancuran air. Suara gemericik pancuran air bisa menghasilkan relaksasi, apalagi bila ditambahkan pula kincir air kecil dan kolam penampungan air. Dalam kolam bisa juga diberi ikan sejenis ikan koi yang enak di pandang mata.

Langkah Terakhir
Jangan lupa pencahayaan, lampu dan tata letak pencahayaan yang pas, bisa membuat nuansa romantis di malam hari. Bagus untuk tempat bersantai minum teh sore hari bersama keluarga. Untuk urusan lampu sebaiknya jangan menggunakan lampu yang terlalu terang, cukup lampu yang menghasilkan cahaya remang-remang dan temaram. Sekali lagi Penambahan kolam air juga bisa anda pertimbangkan sebagai salah satu cara membuat taman sederhana namun indah pada rumah. Percantik lagi dengan adanya bunga warna-warni yang ditanam dalam pot kemudian diletakkan sebagai pembingkai taman. Selain itu, letakkan beberapa dekorasi kursi taman yang cocok sebagai tempat duduk ketika sore atau pagi tiba. merawatnya sehingga hunian anda lebih nyaman dan elok dipandang.

Post a Comment for "Tips Cara Membuat Taman Di Halaman Belakang "