Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Safelik Convert by Netralid
Done

Cara Menghitung Analis Harga Satuan Pekerjaan (AHSP)

 Cara Menghitung Analis Harga Satuan Pekerjaan (AHSP)

Cara Menghitung Analis Harga Satuan Pekerjaan (AHSP)

Dalam menghitung Analis Harga Satuan Pekerjaan (AHSP), jumlah parameter yang menunjukkan nilai satuan untuk upah tenaga kerja, nilai satuan untuk bahan / bahan dan nilai satuan untuk alat dapat digunakan sebagai referensi / panduan untuk merencanakan atau mengendalikan biaya kerja.

Kontraktor ketika menghitung AHSP tidak hanya menggunakan analisis Bina Marga (K) atau analisis SNI, tetapi juga menggunakan akunnya sendiri. Dalam akun yang sama, perusahaan kontraktor tidak memiliki faktor referensi, tetapi lebih tergantung pada pengalaman, metode implementasi, kondisi lapangan, kondisi / efisiensi peralatan dan kondisi cuaca pada saat melakukan pekerjaan, serta jarak bahan ke tempat kerja.

Langkah-langkah untuk menghitung analisis material diperoleh dari harga pasar, yang kemudian dikumpulkan dalam daftar yang disebut harga satuan bahan / bahan, sedangkan upah tenaga kerja diperoleh di situs lokal yang kemudian dikumpulkan dan dicatat dalam daftar. Daftar unit disebut upah tenaga kerja.

Berikut adalah contoh metode untuk menghitung analisis dan informasi SNI dalam bentuk tabel:

Jenis pekerjaan: Pekerjaan plester
Unit pembayaran: m2


Keterangan :
  • Kolom 1 : Penomoran.
  • Kolom 2 : Menandakan item pekerjaan.
  • Kolom 3 : Menandakan satuan bahan, upah tenaga dan peralatan.
  • Kolom 4 : Menandakan indeks atau koefisien baik untuk bahan, upah, tenaga maupun peralatan. Koefisien / indeks mendeskripsikan seberapa besar alat, bahan dan tenaga yang digunakan didalam mengerjakan pekerjaan plesteran.
  • Kolom 5 : Menandakan harga satuan bahan, upah tenaga, dan peralatan.
  • Kolom 6 : Menandakan jumlah harga yang berarti koefisien dikalikan dengan harga satuan.
Untuk mendapatkan harga satuan untuk tenaga kerja, Anda harus mengetahui harga satuan untuk bahan, harga satuan untuk energi, dan harga satuan untuk peralatan di muka, yang kemudian dikalikan dengan parameter yang telah ditentukan.

Ini adalah ulasan AHSP dan bagaimana cara menghitungnya. Semoga bermanfaat dan memajukan Indonesia dengan konstruksi yang andal!


Tag :
cara menghitung ahsp
cara menghitung koefisien ahsp
cara menghitung koefisien analisa harga satuan pekerjaan

Post a Comment for "Cara Menghitung Analis Harga Satuan Pekerjaan (AHSP)"

SAFELINK