Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Safelik Convert by Netralid
Done

Metode Pelaksanaan Bata Ringan dari awal hingga selesai pemasangan


 


 
Bata ringan sekarang mulai banyak dipakai untuk konstruksi dinding bata merah dan batako. Sifatnya yang lebih tahan air dan api lebih ringan, membuat bahan ini diminati oleh banyak orang. Bata ringan juga relatif lebih enak dibandingkan bata merah yang lebih mudah rapuh. Bahannya yang ringan juga membuat instalasi dinding jadi lebih mudah dan cepat.

Dinding Bata Ringan


Seperti meminjamkan bata merah dan batako, konstruksi dinding menggunakan bata ringan juga membutuhkan perekat, plesteran, serta acian. Finishing ini akan membuat bata ringan lebih awet sehingga bangunan Anda tetap tampil prima dalam jangka waktu yang lama.

Untuk memberikan hasil yang optimal serta penggunaan bahan yang efisien, maka diperlukan langkah-langkah pemasangan bata ringan yang tepat dan benar. Dengan langkah dan jumlah bahan yang tepat, Anda dapat membuat konstruksi dinding Anda lebih kuat, rapi, awet, dan juga tidak boros bahan.


Pemasangan Dinding Bata Ringan
Pertama, bahan siapkan terdiri dari bata ringan, semen instan, dan juga udara.

Kemudian, gunakan benang untuk menentukan Arah kerataan dinding.

Buat pasta untuk perekat bata ringan dari campuran air dengan semen instan. Rasio campuran adalah 9,5 - 10,5 liter udara untuk 40 kg semen instan. Gunakan air bersih agar daya rekat semen instan dapat maksimal.

Rendam bata ringan untuk mencegah pengerasan semen terlalu cepat. Bata ringan cukup direndam beberapa saat saja.

Siapkan perekat dengan ketebalan 3 mm pada tiang kolom dan 10-20 mm untuk bagian alas bata ringan. Pasang mulai dari sudut dinding. Gunakan palu untuk meratakan pemasangan dengan cara mengetok-ngetok bata ringan.

Gunakan perekat setebal 3 mm antar pasangan bata. Pastikan pasangan bata terpasang dengan rapi dan rata. Gunakan waterpass untuk memasang kerataan pasangan bata.

Diamkan bata selama 24 jam agar mengering sempurna sebelum siap untuk diplester.
 
 
Plesteran Bata Ringan

Setelah selesai memasang bata ringan, selanjutnya dinding bata ringan diberikan plester. Fungsi dari plester adalah untuk menutup pasangan bata tadi. Dengan diplester, dinding akan menjadi rata dan lebih kokoh.

Sebelum diplester, dinding bata ringan dibersihkan terlebih dahulu. Caranya bisa dengan disiram atau diperciki air secukupnya. Dengan dibasahi, plesteran juga akan semakin kuat juga tidak cepat kering saat dipasang.

Plester dan Acian di Dinding Bata Ringan

Selanjutnya, instal papan pembatas bidang kerja pada tepi dinding. Lajur terpasang setiap ± 1 meter dengan ketebalan sekitar 10mm (sesuai ketebalan plesteran).

Pasta untuk plesteran dibuat dengan campuran udara dan semen instan dengan rasio 6 - 6,5 liter udara untuk 40 kg semen. Ketebalan yang disetujui adalah 10 mm.

Jika dinding terpapar matahari, gunakan pelindung atau terpal untuk melindungi dinding dari sinar matahari agar tidak mengering terlalu cepat.

Diamkan plesteran selama 2 - 3 minggu kompilasi penyusutan telah dihentikan. Bila pengacian dilakukan kompester plesteran masih basah, akan menyebabkan rambut diambil pada dinding susut pada bahan plesteran.
 
 
Acian Bata Ringan

Setelah diplester, dinding bata ringan perlu diberikan lapisan acian. Acian bekerja untuk memperbaiki pori-pori pada dinding dan membuat dinding terlihat lebih halus. Acian juga melindungi dinding dari lembab karena terbukanya pori-pori pada dinding.

Pasta untuk acian dibuat dengan campuran semen instan dan udara dengan rasio 13,5 - 14,5 liter udara untuk 40 kg semen instan. Ketebalan yang disetujui adalah 1 mm - 3 mm. Namun, Anda ingin membuat Acian dengan ketebalan 3 mm, pengacian perlu dilakukan dalam dua gelas. Pertama, dibuat acian dengan ketebalan sekitar 1 - 1,5 mm, kemudian dibiarkan mengering. Setelah itu, beri lapisan acian lagi hingga mencapai ketebalan 3 mm.

Gunakan roskam untuk mengaplikasikan acian. Acian diaplikasikan dengan gerakan searah. Kemudian, acian dihaluskan dengan kuas basah dan digosok dengan kertas semen.

Demikian hal yang harus dipikirkan kompilasi mengaplikasikan plesteran dan acian pada dinding bata ringan. Aplikasi teknik dan campuran bahan yang benar-benar akan membuat dinding Anda menjadi halus, rata, dan halus. Bangunan Anda pasti akan menjadi lebih kokoh dan menawan.

Post a Comment for "Metode Pelaksanaan Bata Ringan dari awal hingga selesai pemasangan"

SAFELINK