Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Safelik Convert by Netralid
Done

Metode Pelaksanaan Pemasangan Septitank Bio

Metode Pelaksanaan Pemasangan Septitank

Pekerjaan Pemasangan Septictank dan Peresapan

Pemasangan Septictank

1) Lokasi penanaman/pemasangan septictank harus dipilih yang benar-benar tepat. Meskipun septic tank ini diklaim tidak akan mencemari lingkungan sehingga bisa diletakkan berdampingan dengan sumur, tetapi tidak ada salahnya diberikan jarak tertentu. Disarankan pasang septic tank bio sejauh minimal 10 m dari posisi sumur/sumber air.

2) Setelah lubang galian selesai dibuat. Dasar galian diurug dengan pasir urug tebal 5 cm setelah permukaan tanah dibawahnya rata (waterpass), kemudian lantai kerja menggunakan beton rabat K.100 tebal 5 cm. Selanjutnya letakkan septic tank ke dalam lubang, dan atur posisinya sedemikian rupa agar benar dan tepat. Pastikan posisinya rata sesuai ketinggian muka air. Setelah itu, pasang pipa-pipa sambungan untuk inlet dan outlet yang melengkapi produk septic tank tersebut.

3) Langkah berikutnya adalah mengisi septic tank dengan air hingga memenuhi seperempat bagian volumenya. Air bisa dimasukkan melalui semua manhole ke masing-masing bagian biotank secara bersama-sama dan seimbang. Kemudian timbun lubang pemasangan septic tank menggunakan tanah di sekelilingnya sampai ketinggian tanah mencapai 1/4 dari tinggi septic tank.

4) Pekerjaan tahap ini sama seperti langkah di atas, tetapi pengisian air dilakukan sampai memenuhi setengah total volume tangki. Berikutnya lubang di sekitar septic tank tersebut pun diurug memakai tanah sampai ketinggiannya mencapai 1/2 dari tinggi total. Setelah itu, pengisian air ke dalam septic tank dilakukan sekali lagi hingga melewati bagian outlet. Barulah kemudian dilanjutkan dengan menimbun galian sampai setinggi leher manhole.


5) Di tahap terakhir ini, pasang pipa galvanis ¾ inch untuk saluran ventilasi. Tujuannya yaitu sebagai lubang sirkulasi udara sehingga saluran yang melengkapi septic tank tidak tersumbat serta bakteri-bakteri yang hidup di dalamnya pun dapat berkembang biak dengan baik. Agar keamanan septic tank terjamin, disarankan untuk dibuat penutup di atas septic tank.


Pekerjaan Pembuatan Peresapan

1) Persiapan awal berupa penyiapan lahan dan bahan. Lokasi pembuatan peresapan harus dipilih yang benar-benar tepat dan tidak jauh dari septic tank.

2) Dimensi peresapan harus dilaksanakan sesuai Gambar Rencana Kerja dan syarat-syarat atau sesuai petunjuk Direksi/pengawas.

3) Setelah lubang galian selesai dibuat, sisi-sisi galian dibuat pasangan bata dengan pengikat balok dan kolom beton bertulang. Dasar galian diberi ijuk tebal 5 cm kemudian diurug dengan pasir pasang tebal 10 cm, lapisan kedua diberi batu pecah 3/5 hitam ketebalan 20 cm, lapisan ketiga batu belah putih 10/15 hitam ketebalan 40 cm dan ditutup dengan ijuk dan kemudian ditutup dengan Plat beton manhole atau sesuai Gambar Rencana Kerja dan syarat-syarat atau sesuai petunjuk Direksi/Pengawas Lapangan.

Post a Comment for "Metode Pelaksanaan Pemasangan Septitank Bio"

SAFELINK