Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Analisa Harga Satuan Upah


Pengertian Analisa Harga Satuan Upah

Upah pekerja adalah hadiah yang harus diberikan kontraktor kepada pekerja sebagai imbalan atas pekerjaan mereka. Jumlah upah adalah salah satu faktor pendorong bagi orang untuk bekerja karena dibayar berarti mereka akan dapat memenuhi kebutuhan hidup mereka. Dengan memberikan upah sesuai dengan layanan yang mereka berikan, kepuasan akan tercipta, sehingga pekerja akan berusaha untuk bekerja lebih baik.

Analisis harga satuan untuk upah tenaga kerja adalah perhitungan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan dan jumlah biaya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas.

Persyaratan pekerjaan adalah sejumlah besar pekerja yang diperlukan untuk sejumlah pekerjaan yang dapat dicari menggunakan rumus:


Tingkat dan tugas tenaga kerja di setiap pekerjaan dapat dijelaskan sebagai berikut:
  • Pekerja, jenis pekerjaan ini berada pada tingkat pekerjaan terendah dan tugasnya adalah membantu menyiapkan bahan atau pekerjaan yang tidak memerlukan keterampilan khusus. Karena ini adalah level terendah, pekerja ini menerima gaji terendah.
  • Tukang, yaitu pekerja yang memiliki pengalaman khusus menyelesaikan pekerjaan tertentu, seperti tukang kayu, tukang bangunan, dan tukang las.
  • Kepala Tukang, yaitu, pekerja yang bertanggung jawab untuk mengelola pengrajin lain di bidang pekerjaan tertentu, misalnya, tukang kayu utama, konstruksi utama, dan kepala pengelasan.
  • Mandor, yaitu pekerja dengan tingkat pekerjaan tertinggi yang tugasnya memantau jalannya pekerjaan dan kinerja pekerja lain.

Mengenai upah, banyak jenis yang diakui secara luas, yaitu:
  • Upah borongan, yaitu upah yang harus dibayarkan kepada pekerja ditentukan berdasarkan kesepakatan antara pekerja dan mereka yang bekerja sebelum bekerja belum dimulai.
  • Upah per potong atau upah satuan, jumlah upah yang ditentukan oleh jumlah produksi yang dicapai oleh pekerja pada waktu tertentu. Dengan model pembayaran upah seperti ini, pekerja akan melakukan upaya untuk mendapatkan penghasilan besar sehingga perusahaan dapat berproduksi lebih cepat dan lebih besar

Meskipun jenis upah yang banyak digunakan di perusahaan diklasifikasikan menjadi dua kelompok:

1) Upah menurut waktu
Ini adalah skema kompensasi untuk pekerja yang dibayar berdasarkan waktu yang mereka habiskan, misalnya, per jam, hari, bulan, tahun, misalnya:
  • Hari orang standar (standar man day). Upah satuan dalam satu hari kerja, disingkat h.o atau m.d. , Di mana 1 jam. (M) = gaji standar dalam satu hari kerja. Pekerja standar adalah pekerja terampil yang hanya dapat melakukan satu jenis pekerjaan, seperti pekerja gali, tukang kayu, tukang bangunan, tukang kayu, mandor, tukang bangunan, dan lainnya.
  • Jam orang standar (standar man hour). Tunjangan upah kerja dihitung berdasarkan jam kerja aktual dan diberikan kepada pekerja serius yang tidak dapat diabaikan, seperti pekerja pabrik, pekerja konstruksi, dan lainnya.
  • Bulan orang standar (standar man month). Berikan gaji bulanan, seperti pelaksana lapangan, manajer proyek, dan lainnya. 
2) Upah sesuai pekerjaan
Dengan sistem ini, tenaga kerja dibayar untuk jumlah unit kerja yang telah dicapai, terlepas dari jumlah waktu yang dihabiskan.
  • Upah menurut standar waktu. Dengan sistem ini, upah dibayarkan berdasarkan waktu standar untuk menyelesaikan pekerjaan.
  • Upah menurut kerja sama pekerja dan pengusaha. Sistem ini mencakup distribusi tunjangan yang dibayarkan kemudian, di samping sistem gaji yang disebutkan di atas atau yang terkait dengannya. 

Faktor Pengaruh Tingkatan Upah
Di antara berbagai faktor penting yang mempengaruhi tingkat pekerja upahan adalah sebagai berikut:
1) Penawaran dan Permintaan Tenaga Kerja
Jenis pekerjaan yang membutuhkan efisiensi atau keterampilan tinggi dan jumlah pekerja jarang, dan jumlah upah cenderung tinggi, sedangkan jenis pekerjaan yang mengandung banyak pasokan cenderung menurun.

2) Organisasi atau Asosiasi Profesi
Ada atau tidak adanya organisasi atau asosiasi profesional yang serupa dan kelemahan organisasi akan mempengaruhi komposisi upah. Ada asosiasi profesional yang kuat, yang berarti posisi negosiasi karyawan / posisi juga kuat.

3) Kemampuan perusahaan untuk membayar
Upah yang dikeluarkan oleh perusahaan merupakan komponen biaya produksi. Upah pekerja yang tinggi akan meningkatkan biaya produksi dan pada akhirnya mengurangi laba / keuntungan perusahaan. Jika kendala biaya produksi menyebabkan kerugian bagi perusahaan, jelas bahwa perusahaan tidak akan dapat memenuhi fasilitas karyawannya.

4) Produktivitas
Upah pekerja adalah hadiah untuk kinerja pekerjaan. Kinerja karyawan yang tinggi harus lebih tinggi dari gaji yang akan diterimanya. Profitabilitas ini dinyatakan sebagai produktivitas.

5) Biaya hidup
Tentunya, setiap kota di Indonesia memiliki tingkat UMR yang berbeda yang dipengaruhi oleh biaya hidup penduduknya. Ketika biaya hidup tinggi, upah juga cenderung naik. Jadi jumlah upah untuk masing-masing kota pasti berbeda.

6) Pemerintah daerah
Pemerintah juga mempengaruhi aturannya pada tingkat upah. Peraturan upah minimum adalah tingkat upah minimum yang harus dibayar.

Tag :
analisa harga satuan bahan dan upah sni
analisa harga satuan dan upah
analisa harga satuan upah
analisa harga satuan upah 2018
analisa harga satuan upah 2019
analisa harga satuan upah dan bahan
analisa harga satuan upah dan bahan sni
analisa harga satuan upah kerja
analisa harga satuan upah pekerja
buku standar harga satuan upah bahan bangunan dan gedung
cara menghitung harga satuan upah
daftar harga satuan bahan dan upah jayapura 2017
daftar harga satuan bahan dan upah jayapura 2019
daftar harga satuan upah pekerja
daftar harga satuan upah tenaga kerja
harga satuan bahan bangunan dan upah pekerja provinsi dki jakarta
harga satuan bahan bangunan dan upah pekerja standar pemerintah daerah
harga satuan bahan dan upah 2018 dki jakarta
harga satuan bahan dan upah 2018 malang
harga satuan bahan dan upah kota semarang
harga satuan material dan upah 2018
harga satuan material dan upah 2019
harga satuan upah
harga satuan upah 2020
harga satuan upah adalah
harga satuan upah bangunan
harga satuan upah borong bangunan
harga satuan upah borongan
harga satuan upah borongan pekerjaan bangunan
harga satuan upah dan bahan
harga satuan upah dan bahan 2018
harga satuan upah dan bahan 2019
harga satuan upah dan bahan 2020
harga satuan upah dan bahan kabupaten pesisir selatan
harga satuan upah dan bahan kabupaten pesisir selatan terbaru
harga satuan upah dan bahan kota padang
harga satuan upah dan bahan sni 2018
harga satuan upah dan bahan yogyakarta
harga satuan upah dki 2019
harga satuan upah dki 2020
harga satuan upah dki jakarta 2018
harga satuan upah jawa barat
harga satuan upah kerja
harga satuan upah kerja 2018
harga satuan upah kerja 2019
harga satuan upah kerja 2020
harga satuan upah kerja bangunan
harga satuan upah kota bandung
harga satuan upah ntt
harga satuan upah pekerja
harga satuan upah pekerjaan bangunan
harga satuan upah pengecatan
harga satuan upah tukang
harga satuan upah tukang 2018
harga satuan upah tukang las
pengertian harga satuan upah
standar harga satuan dasar upah dan bahan kota pontianak

Post a Comment for "Pengertian Analisa Harga Satuan Upah"