Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Safelik Convert by Netralid
Done

Instalasi Air Kotor

Sistem pembuangan air kotor merupakan system pembuangan untuk air buangan yang berasal dari kloset, urinal, bidet, dan air buangan yang mengandung kotoran insan dari alat plambing lainnya (black water).
Sistem pembuangan air bekas ialah system pembuangan untuk air buangan yang berasal dari bathtub, wastafel, sink dapur dan lainnya (grey water).
Untuk suatu kawasan yang tidak tersedia riol umum yang sanggup menampung air bekas, maka sanggup di gabungkan ke instalasi air kotor terlebih dahulu.
Sistem pembuangan air hujan sistem pembuangan air hujan harus merupakan system terpisah dari system pembuangan air kotor maupun air bekas, sebab kalau di campurkan sering terjadi penyumbatan pada susukan dan air hujan akan mengalir balik masuk ke alat plambing yang terendah. Sistem air buangan khusus sistem pembuangan air yang mengandung gas, racun, lemak, limbah pabrik, limbah rumah sakit, pemotongan binatang dan lainnya yang bersifat khusus.



Faktor Penunjang Perencanaan Instalasi Air Kotor

Cara Pengaliran Pembuangan Air Kotor 

Sistem gravitasi air buangan mengalir dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah secara gravitasi ke susukan umum yang letaknya lebih rendah.
Sistem bertekanan ialah sistem yang memakai alat (pompa) sebab susukan umum letaknya lebih tinggi dari letak alat plumbing, sehingga air buangan di kumpulkan terlebih dahulu dalam suatu kolam penampungan, lalu di pompakan keluar ke roil umum. Sistem ini mahal, tetapi biasa di gunakan pada bangunan yang mempunyai alat – alat plumbing di basement pada bangunan tinggi / bertingkat banyak.



Bagian-bagian Sistem Pembuangan 


  1. Alat – alat plambing yang di gunakan untuk pembuangan ibarat bathtub,wastafel, kolam – kolam basuh piring, basuh pakaian, kloset, urinal, bidet, dsb.
  2. Pipa – pipa pembuangan.
  3. Pipa ven 
  4. Perangkap dan penangkap ( interceptor ). 
  5. Bak penampung dan tangki septic. 
  6. Pompa pembuangan

Pipa Perangkap Pembuangan

1. Perangkap yang di pasang pada alat plambing dan pipa pembuangan



2. Perangkap yang menjadi satu dengan alat plambing.

Pipa – pipa yang berfungsi sebagai pipa pembuangan harus mempunyai ukuran pipa yang sama atau lebih besar dengan ukuran lubang keluar pipa perangkap alat plambing dan untuk mencegah imbas sifon pada air yang ada dalam perangkap. Jarak tegak dari ambang puncak perangkap hingga pipa mendatar di bawahnya tidak lebih dari 60 cm


Persyaratan Pipa Perangkap 

1). Penangkap yang sesuai harus dipasang sedekat mungkin dengan alat plambing yang di layaninya, dengan maksud biar pipa pembuangan yang mungkin mengalami gangguan sependek mungkin.
2). Konstruksinya harus gampang dibersihkan, dilengkapi dengan tutup yang gampang dibuka dan letak dari penangkap dalam ruang sedemikian rupa sehingga sampah dari penangkap gampang dibuang keluar ruang.
3). Konstruksi penangkap harus bisa secara efektif memisahkan.

Tangki septic dan rembesan 




Tangki septic bergotong-royong serupa saja dengan kolam penampungan air kotor, tetapi lebih ditujukan penggunannya untuk menampung air kotor buangan dari bangunan ditempat yang tidak terjangkau oleh riol umum/kota.
Prinsip kerja dari tangki septik ialah mengolah dan memisahkan antara air dengan kotoran dengan cara pengendapan.
Pengolahan dilakukan oleh basil anaerobic yang meru bah kotoran baku menjadi Lumpur. Air hasil pemisahan (70% lebih bersih) dialirkan keluar secara gravitasi dan diresapkan ketanah, sedangkan hasil endapan (Lumpur) harus dibuang secara bersiklus dengan pinjaman layanan kendaraan beroda empat tangki air kotor pemerintah setempat.
 Dengan demikian tangki septic biasanya terletak diluar bangungan (mudah dicapai kendaraan beroda empat tangki) dan tidak ada peralatan pompa yang dipasangkan




Septic Tank ialah kolam untuk menampung air limbah yang digelontorkan dari WC (watercloset), konstruksi septic tank ada disekat dengan dinding bata dan diatasnya diberi epilog dengan pelat beton dilengkapi epilog kontrol dan diberipipa hawa T dengan diameter ø1 ½“, sebagai relasi biar ada udara / oksigenke dalam septictank sehingga basil – basil menjadi subur.






Post a Comment for "Instalasi Air Kotor"

SAFELINK