Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Balok

bagian dari struktur sebuah bangunan yang kaku dan dirancang untuk menanggung dan mentransfer beban menuju elemen-elemen kolom penopang.
Gambar 1. Balok

Balok merupakan elemen struktural yang utamanya memikul beban lateral. Beban-beban yang bekerja pada balok akan menghasilkan gaya reaksi pada titik tumpu/perletakan balok. Beban-beban yang bekerja juga akan menghasilkan gaya geser dan momen elastis pada balok, Efek total dari semua gaya yang bekerja pada balok menghasilkan gaya geser dan momen elastis pada balok, mengakibatkan gaya dalam berupa tarikan dan tekanan, dan mengakibatkan lendutan pada balok. Balok sanggup berbeda-beda menurut jenis perletakan, profil (bentuk potongan melintang), panjang, dan jenis materialnya.
Balok dikenal sebagai elemen lentur, ialah elemen struktur yang secara umum dikuasai memikul gaya dalam berupa momen elastis dan juga geser.


Tips Mengetahui dimensi Struktur Balok dan Kolom
Contoh kasus:
– Bentangan ruang berjarak 6 meter
– Tentukan Dimensi Balok & Kolom

1. Dimensi Balok
a. Rumus ukuran tinggi balok Induk = 1/12 bentangan : (1/12)x6 m : 0,5 m : 50 cm
b. Rumus lebar balok = 1/2 tinggi balok : 1/2 x 50 cm : 25 cm
Kaprikornus Dimensi balok = 25cmx50cm,

c. Rumus Tinggi Balok Anak: 1/15 Bentangan

*) Untuk lebar balok sanggup juga 2/3 Tinggi

2. Dimensi penampang kolom
Rumus penampang kolom = Lebar balok+(2x5cm) : 25+(2x5cm) : 35 cm, jadi ukuran lebar kolom untuk menumpu balok dengan bentang 6 m : 35 cm

*) Untuk penampang Kolom, sanggup juga 15X40 cm. Tebal 15cm semoga rata dinding bangunan. (Untuk Rumah tinggal dua lantai)

Tebal Pelat Lantai: 1/40 Bentang

Sekali lagi, cara hitungan Struktur ini hanyanlah untuk kebutuhan tahap perencanaan Arsitektur. (untuk rumah tinggal)







Post a Comment for "Balok"