Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Safelik Convert by Netralid
Done

Metode Pelaksanaan Pekerjaan Kusen Metal/Baja

 Disini aku akan menjelaskan Metode Pelaksanaan Pekerjaan Kusen Metal Metode Pelaksanaan Pekerjaan Kusen Metal/Baja
Pekerjaan Kusen Metal/Baja

Disini aku akan menjelaskan Metode Pelaksanaan Pekerjaan Kusen Metal/Baja

Teknis Pelaksanaan Pekerjaan 

Persiapan bahan


  1. Sebelum memulai pekerjaan kosen pintu; Pelaksana Pekerjaan terlebih dahulu harus menyerahkan contoh-contoh materi yang akan dipakai pada pekerjaan ini kepada, Konsultan Pengawas untuk mendapat persetujuan. Contoh-contoh materi tersebut harus disertai brosur-brosur dan sertifikat-sertifikat (dari produsen) yang berisi keterangan-keterangan perihal kwalitas bahan.
  2. Pelaksana Pekerjaan wajib mengadakan Mock Up (Skala 1:1) untuk mendapat persetujuan Konsultan Pengawas sebelum pekerjaan dimulai. Mock Up yang telah disetujui Konsultan Pengawas serta memenuhi persyaratan materi dan teknis, akan dijadikan sebagai materi patokan investigasi patokan investigasi dan penerimaan hasil pekerjaan.

Persiapan Tenaga dan Peralatan


  1. Pemasangan harus dilaksanakan oleh Pelaksanan Pekerjaan yang memiliki pengalaman seorang andal dibidang pekerjaan kosen baja dan memiliki tenaga-tenaga andal berpengalaman (minimal 5 tahun kerja) khusus pekerjaan tersebut disertai Surat Refenrensi pengalaman untuk pekerjaan sejenis pada proyek-proyek yang telah dilaksanakan.
  2. Pelaksana Pekerjaan harus memiliki work shop lengkap dengan peralatan/mesin mesin khusus untuk pekerjaan ini sehingga sanggup menghasilkan pekerjaan bermutu baik. Bila dibutuhkan work shop sanggup ditinjau oleh perencana/ Konsultan Pengawas.

Pekerjaan Persiapan

Sebelum dimulainya pelaksanaan pekerjaan, Pelaksana Pekerjaan terlebih dahulu wajib menciptakan shop drawing untuk mendapat persetujuan Konsultan Pengawas sebelum pelaksanaan dimulai. Shop drawing dilengkapi antara lain :

  1. Gambar profil kosen, skema dan tampak.
  2. Detail-detail sambungan dan detail angkur.
  3. Detail pertemuan kosen dengan pekerjaan finishing lainnya.
  4. Ukuran-ukuran, dan lain sebagainya.
Pelaksana Pekerjaan semoga menciptakan tabel daftar kegiatan tahapan pelaksanaan pemasangan kusen. Tipe kosen, lokasi peletakan, jumlah yang dipasang, aktivitas pemasangan/pelaksanaan dan lain sebagainya. Tabel tersebut berfungsi untuk fasilitas koordinasi pengawasan, pelaksanaan dilapangan dan dibentuk dengan persetujuan Konsultan Pengawas.

Pekerjaan Pelaksanaan


  1. Semua pekerjaan harus dirakit dan dipasang sesuai dengan gambar planning dan shop drawing yang sudah disetujui Konsultan Pengawas dan dilaksanakan oleh Pelaksana Pekerjaan yang memiliki tenaga andal dibidang pekerjaan ini.
  2. Pada kegiatan pabrikasi, pemotongan materi dan pelaksanaan pembuatan profil kosen dan pengelasan serta pengecatan hendaknya dilaksanakan dengan mesin-mesin khusus (mesin bending, mesin potong, alat las listrik, alat proses pengecatan dan lain sebagainya).
  3. Pengelasan harus rapih untuk memperoleh kualitas dan bentuk yang sesuai dengan gambar, serta tidak menyebabkan deformasi material.
  4. Bahan angkur-angkur rangka/kosen dibentuk dari galvanised steel plate: tebal minimal diameter 0,50 inch dan ditempatkan dengan jarak interval 80 cm, atau sesuai dengan standard manufacturer
  5. Detail-detail pada setiap pertemuan harus rapih, halus dan rata, higienis dari goresan-goresan/cacat dan hasil las pada permukaan ; tidak terlihat dari luar.
  6. Sebelum pemasangan kosen pada dinding sekitar dimana kosen tersebut akan ditempatkan bab dalam dari profil telah dilaksanakan pekerjaan pengecatan menie (cat anti korosif).
  7. Pemasangan kosen pada bangunan harus' dengan angkur yang berpengaruh (memenuhi persyaratan teknis). Hubungan penggantung dengan sistim las.
  8. Kosen digantungkan/diangkur pada kolom beton dengan tulangan mudah yang berada pada sisi kiri kanan kosen. Kosen terpasang tegak lurus pada permukaan lantai dan hubungan dengan permukaan dinding disesuikan dengan gambar detail rancangan.
  9. Bila tidak ada gambar penjelas detail untuk penyelesaian hubungan kosen dengan dinding, maka dilaksanakan denganpembuatan alur/tali air dengan celah lebar 1 cm, dalam 1 cm (bentuk persegi).
  10. Perapihan hasil pekerjaan.
Demikian klarifikasi perihal Metode Pelaksanaan Pekerjaan Kusen Metal/Baja.
Semoga bermanfaat bagi yang membaca.

Post a Comment for "Metode Pelaksanaan Pekerjaan Kusen Metal/Baja"

SAFELINK