Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tiang Pancang Komposit

Tiang pancang komposit adalah tiang pancang yang terdiri dari dua bahan yang berbeda yang bekerja bersama-sama sehingga merupakan satu tiang. Kadang-kadang pondasi tiang dibentuk dengan menghubungkan bagian atas dan bagian bawah tiang dengan bahan yang berbeda, misalnya dengan bahan beton di atas muka air tanah dan bahan kayu tanpa perlakuan apapun disebelah bawahnya. Biaya dan kesulitan yang timbul dalam pembuatan sambungan menyebabkan cara ini diabaikan. Permasalahan sambungan segmen terletak pada ikatan antara kedua material tersebut, terutama pada material kayu dan beton, sehingga jenis ini ditinggalkan. Ikatan antara bahan baja dan beton cukup baik.



Water Proofed Steel and Wood Pile

Tiang ini terdiri dari tiang pancang kayu untuk bagian yang di bawah permukaan air tanah sedangkan bagian atas adalah beton. Kita telah mengetahui bahwa kayu akan tahan lama/awet bila terendam air, karena itu bahan kayu disini diletakan di bagian bawah yang mana selalu terletak dibawah air tanah.

Kelemahan tiang ini adalah pada tempat sambungan apabila tiang pancang ini menerima gaya horizontal yang permanen. Adapun cara pelaksanaanya secara singkat sebagai berikut:

  • Casing dan core (inti) dipancang bersama-sama dalam tanah hingga mencapai kedalaman yang telah ditentukan untuk meletakan tiang pancang kayu tersebut dan ini harus terletak dibawah muka air tanah yang terendah.
  • Kemudian core ditarik keatas dan tiang pancang kayu dimasukan dalam casing dan terus dipancang sampai mencapai lapisan tanah keras.
  • Secara mencapai lapisan tanah keras pemancangan dihentikan dan core ditarik keluar dari casing. Kemudian beton dicor kedalam casing sampai penuh terus dipadatkan dengan menumbukkan core ke dalam casing.


Composite Dropped in – Shell and Wood Pile

Tipe tiang ini hampir sama dengan tipe diatas hanya bedanya di sini memakai shell yang terbuat dari bahan logam tipis permukaannya di beri alur spiral. Secara singkat pelaksanaanya sebagai berikut:

  • Casing dan core dipancang bersama-sama sampai mencapai kedalaman yang telah ditentukan di bawah muka air tanah.
  • Setelah mencapai kedalaman yang dimaksud core ditarik keluar dari casing dan tiang pancang kayu dimasukkan dalam casing terus dipancang sampai mencapai lapisan tanah keras. Pada pemancangan tiang pancang kayu ini harus diperhatikan benar-benar agar kepala tiang tidak rusak atau pecah.
  • Setelah mencapai lapisan tanah keras core ditarik keluar lagi dari casing.
  • Kemudian shell berbentuk pipa yang diberi alur spiral dimasukkan dalam casing. Pada ujung bagian bawah shell dipasang tulangan berbentuk sangkar yang mana tulangan ini dibentuk sedemikian rupa sehingga dapat masuk pada ujung atas tiang pancang kayu tersebut.
  • Beton kemudian dicor kedalam shell. Setelah shell cukup penuh dan padat casing ditarik keluar sambil shell yang telah terisi beton tadi ditahan terisi beton tadi ditahan dengan cara meletakkan core diujung atas shell.


Composit Ungased – Concrete and Wood Pile.

Dasar pemilihan tiang composit tipe ini adalah:

  • Lapisan tanah keras dalam sekali letaknya sehingga tidak memungkinkan untuk menggunakan cast in place concrete pile, sedangkan kalau menggunakan precast concrete pile terlalu panjang, akibatnya akan susah dalam transport dan mahal.
  • Muka air tanah terendah sangat dalam sehingga bila menggunakan tiang pancang kayu akan memerlukan galian yang cukup dalam agar tiang pancang kayu tersebut selalu berada dibawah permukaan air tanah terendah.


Adapun prinsip pelaksanaan tiang composite ini adalah sebagai berikut:

  • Casing baja dan core dipancang bersama-sama dalam tanah sehingga sampai pda kedalaman tertentu (di bawah m.a.t)
  • Core ditarik keluar dari casing dan tiang pancang kayu dimasukkan casing terus dipancang sampai kelapisan tanah keras.
  • Setelah sampai pada lapisa tanah keras core dikeluarkan lagi dari casing dan beton sebagian dicor dalam casing. Kemudian core dimasukkan lagi dalam casing.
  • Beton ditumbuk dengan core sambil casing ditarik ke atas sampai jarak tertentu sehingga terjadi bentuk beton yang menggelembung seperti bola diatas tiang pancang kayu tersebut.
  • Core ditarik lagi keluar dari casing dan casing diisi dengan beton lagi sampai padat setinggi beberapa sentimeter diatas permukaan tanah. Kemudian beton ditekan dengan core kembali sedangkan casing ditarik keatas sampai keluar dari tanah.
  • Tiang pancang composit telah selesai.

Tiang pancang composit seperti ini sering dibuat oleh The Mac Arthur Concrete Pile Corp.


Composite Dropped – Shell and Pipe Pile

Dasar pemilihan tipe tiang seperti ini adalah:

  • Lapisan tanah keras letaknya terlalu dalam bila digunakan cast in place concrete.
  • Muka air tanah terendah terlalu dalam kalai digunakan tiang composit yang bagian bawahnya terbuat dari kayu.


Cara pelaksanaan tiang tipe ini adalah sebagai berikut:

  • Casing dan core dipasang bersama-sama sehingga casing seluruhnya masuk dalam tanah. Kemudian core ditarik.
  • Tiang pipa baja dengan dilengkapi sepatu pada ujung bawah dimasukkan dalam casing terus dipancang dengan pertolongan core sampai ke tanah keras.
  • Setelah sampai pada tanah keras kemudian core ditarik keatas kembali.
  • Kemudian sheel yang beralur pada dindingnya dimasukkan dalam casing hingga bertumpu pada penumpu yang terletak diujung atas tiang pipa baja. Bila diperlukan pembesian maka besi tulngan dimasukkan dalam shell dan kemudian beton dicor sampai padat.
  • Shell yang telah terisi dengan beton ditahan dengan core sedangkan casing ditarik keluar dari tanah. Lubang disekeliling shell diisi dengan tanah atau pasir. Variasi lain pada tipe tiang ini dapat pula dipakai tiang pemancang baja H sebagai ganti dari tiang pipa.


Franki Composite Pile

Prinsip tiang hampir sama dengan tiang franki biasa hanya bedanya disini pada bagian atas dipergunakan tiang beton precast biasa atau tiang profil H dari baja.

Adapun cara pelaksanaan tiang composit ini adalah sebagai berikut:

  • Pipa dengan sumbat beton dicor terlebih dahulu pada ujung bawah pipa baja dipancang dalam tanah dengan drop hammer sampai pada tanah keras. Cara pemasangan ini sama seperti pada tiang franki biasa.
  • Setelah pemancangan sampai pada kedalaman yang telah direncanakan, pipa diisi lagi dengan beton dan terus ditumbuk dengan drop hammer sambil pipa ditarik lagi ke atas sedikit sehingga terjadi bentuk beton seperti bola.
  • Setelah tiang beton precast atau tiang baja H masuk dalam pipa sampai bertumpu pada bola beton pipa ditarik keluar dari tanah.
  • Rongga disekitar tiang beton precast atau tiang baja H diisi dengan kerikil atau pasir.
pemancangan tiang pancang, tiang pancang baja, pancang laut, tiang pancang mini pile, spun pile wika beton, spunpile, perusahaan pancang, tiang pancang square pile, tiang pancang dan bore pile, harga tiang pancang mini pile 25x25, tiang pancang adalah, harga tiang pancang spun pile, tiang pancang spun pile, perusahaan tiang pancang, bore pile dan tiang pancang, bor pile tiang pancang, tiang pancang bore pile, perbedaan tiang pancang dan bore pile, pancang mini pile, harga pemancangan tiang pancang, tiang pancang kayu, pancang hidrolik, harga tiang pancang 40x40 2020, ukuran tiang pancang, perbedaan bore pile dan tiang pancang, tiang pancang beton pracetak, tiang pancang hidrolik, tiang pancang, harga pancang 40x40, harga tiang pancang baja 2021, harga tiang pancang, besi pancang, pancang beton, harga tiang pancang wika 2020, harga mini pile 30 x 30, perbedaan bore pile dengan tiang pancang, harga mini pile 20x20, harga tiang pancang mini pile 20x20, harga mini pile 25x25, harga tiang pancang wika beton, tiang pancang 25x25, harga mini pile, harga mini pile 40x40, pancang tiang, harga tiang pancang beton wika, harga pancang, kedalaman tiang pancang, harga tiang pancang 20x20, harga pancang 20x20, tiang pancang rumah, ukuran tiang pancang beton, harga tiang pancang beton, harga tiang pancang 35x35, harga pancang beton, harga tiang pancang 30 x 30, harga tiang pancang 40x40, tiang pancang beton segi empat, tiang pancang beton, harga pancang 25x25, daftar harga tiang pancang beton wika, harga pancang 30x30, harga tiang pancang per meter, tiang pancang 40x40, tiang pancang 20x20, harga pemancangan spun pile, harga spun pile, harga tiang pancang 30x30, harga tiang pancang 2021, harga tiang pancang beton 20x20, beton pancang, harga tiang pancang bulat, tiang pancang wika beton, pemasangan tiang pancang, harga tiang pancang segitiga, mutu beton tiang pancang, harga tiang pancang 25x25 per meter, harga paku bumi per batang, harga tiang pancang 25x25, harga tiang pancang 40x40 2021, harga tiang pancang beton 25x25, harga tiang pancang 50x50, beton tiang pancang, tiang pancang paku bumi, harga paku bumi beton, tiang pancang kotak, harga tiang pancang beton 40x40, harga tiang pancang baja,

Post a Comment for "Tiang Pancang Komposit"