Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Metode Pelaksanaan Pekerjaan Nomenklatur

 Nomenklatur atau Tata Nama yaitu sebutan atau penamaan bagi suatu unit organisasi yang l Metode Pelaksanaan Pekerjaan Nomenklatur
Pekerjaan Nomenklatur

Nomenklatur atau Tata Nama yaitu sebutan atau penamaan bagi suatu unit organisasi yang lazim dipakai instansi pemerintah. 

Nomenklatur memiliki arti sangat penting dalam penataan atau penyempurnaan organisasi, sebab nomenklatur sanggup menggambarkan secara singkat dan sempurna mengenai kedudukan, kiprah pokok dan fungsi unit atau jabatan dalam suatu unit organisasi.

Metode Pelaksanaan Pekerjaan Nomenklatur

Penyediaan Nomenklatur

Dalam penyediaan nomenklatur ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain :

  1. Nomenklatur terbuat dari materi marmer atau watu alam atau materi lain yang disetujui oleh direksi pekerjaan
  2. Bentuk dan dimensi nomenklatur sesuai dengan apa yang ditunjukkan dalam gambar rencana
  3. Nomenklatur diukir nama, nomor, tahun pembuatan dan lambang kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat atau keterangan lain yang telah disetujui direksi pekerjaan

Pemasangan nomenklatur


  1. Nomenklatur dipasang ditempat yang sesuai dengan apa yang ditunjukkan gambar rencana, biasanya dipasang di parapetatau dengan persetujuan direksi.
  2. Nomenklatur dipasang secara manual memakai alat bantu dan memakai adukan semen sebagai perekat. sehabis itu, finishing dengan membersihkan papan nama jembatan dari kotoran-kotoran menyerupai sisa adukan semen atau yang lainnya.
  3. Pengadaan dan Pemasangan Nomenklatur

  • Bahan yang dipakai yaitu marmer dengan ukuran sesuai dengan disain atau ditentukan oleh Direksi, sedangkan ukuran 40 x 60 x 1,5 cm.
  • Untuk menulis aksara harus dipahat dan dicat warna biru atau sesuai dengan perintah Direksi dan permukaan dalam kondisi rata.
  • Dalam pemasangannya harus karam / rata dengan permukaan dan diberi spesi 1 PC : 2 PS sebagai materi perekat.
Demikian klarifikasi perihal Metode Pelaksanaan Pekerjaan Nomenklatur.

Semoga bermanfaat bagi yang membaca.

Post a Comment for "Metode Pelaksanaan Pekerjaan Nomenklatur"