Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara menyambung geomembran dan cara pasang geomembran

Geomembrane adalah lapisan yang terbuat dari membran sintentis HDPE (High Density Polyethylene) dengan tingkat tingkat permeabilitas yang sangat rendah (tingkat kebocoran rendah) dan sangat homogen sehingga berfungsi sebagai lapis kedap air, yang biasanya digunakan untuk mengontrol perpindahan cairan dalam proyek atau struktur bangunan lainnya seperti :

  • Kolam Limbah
  • Konstruksi jalan pada tanah dasar yang memiliki sumber air yang sulit kering.
  • Tempat Pembuangan Akhir (TPS)
  • Tambak Ikan, Udang, dan Garam
  • Danau buatan
  • Coal ash pond
  • Kolam “heap leach” pada tambang emas.
  • dan lain - lain


Cara menyambung geomembran

Proses penyambungan geomembrane adalah dengan menggunakan sistem Hot Shoe dan sistem Extrusion welding.

* Cara ‘Extrusion’ yaitu dengan cara penyambungan mempergunakan batangan HDPE dan alat pemanas seperti pada halnya metode las (pemanasan).

* Cara ‘Fusion’ yaitu dengan cara penyambungan menggunakan alat Hot shoe yang memanaskan dua lembar Geomembrane (overlaping) sehingga menyatu.

Catatan Penting :

Perlu menjadi perhatian dalam penempatan arah sambungan pada penyambungan di bagian lereng yaitu dari atas ke bawah dan bukan arah melintang lereng. Dibagian sudut dan pada geometris yang tidak beraturan penyambungan harus sesedikit mungkin.


Cara pasang geomembran

Ada persiapan yang harus Anda perhatikan sebelum pemasangan. Dalam persiapan awal maka Anda mendapat gambar kerja maupun dokumen. Dokumen tersebut biasa berisi layout lembaran liner digunakan masing-masing saluran.

Kemudian terdapat lokasi titik pertemuan saluran menggunakan tanda. Semua harus memiliki detail yang jelas, seperti angkur tepi liner, struktur pertemuan liner maupun lainnya. Sehingga dapat dipasang dengan baik.

Kemudian membuat jadwal berdasar utama proyek. Anda juga perlu menghitung kuantitas dari material baik geomembrane maupun lainnya. Selain itu masih ada yang perlu Anda siapakan seperti berikut ini.

  1. Tahapan persiapan kerja lapangan
  2. Setelah melakukan persiapan awal maka Anda harus memiliki persiapan kerja lapangan. Seperti pengalian dan pembentukan fisik kolam.
  3. Grading serta leveling permukaan sudah digali dan pemadatan pada dasar atau sisi kolam.
  4. Kemudian lakukan instalasi untuk saluran serta fasilitas penunjang kolamnya.
  5. Pekerjaan lining lapangan
  6. Selanjutnya pekerjaan lining lapangan dengan memotong lembaran liner memakai shop drawings.
  7. Menyiapkan kantung pasir yang berguna menahan liner supaya tidak terangkat angin.
  8. Penempelan sisi lembaran liner memakai aliran udara yang panas.
  9. Pembersihan sabungan liner dan lakukan pengelasan sambungan memakai extrusion welding system serta hot wedge system.
  10. Melakukan proses pengetesan geomembrane

Kemudian lakukan pengetesan menggunakan metode pressure test maupun vaccum test. Dalam pengetesan sambungan susion memakai pressure test. Apabila sabungan extrusion memakai vaccum test, jika masih salah maka bisa langsung diperbaiki.


Demikian artikel tentang cara menyambung geomembran dan cara pasang geomembranyang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Terima Kasih

Post a Comment for "Cara menyambung geomembran dan cara pasang geomembran"