Cara Menghitung Jumlah Lembaran Genteng Metal Untuk Atap Rumah Bentuk Limasan


Atap Limasan terkadang disebut juga Atap Limas, Atap Perisai, atau Atap Rabung Lima (5), alasannya pada Atap Jenis ini terdapat 5 baris Rabung diatasnya.

Sebelum melaksanakan Pembelian produk Genteng Metal, sebaiknya kita menghitung dulu berapa Kebutuhan nya. Sehingga aktivitas Pembelian Genteng Metal menjadi tidak berulang-ulang (jika jumlah Genteng yang dibeli "kurang"), dan tidak terjadi Pemborosan (jika jumlah Genteng yang dibeli "berlebih").  

Contoh Perhitungan :

Dari Gambar Rencana Atap dan Gambar Lembaran Genteng Metal dibawah ini, kita akan memilih berapa Lembar Genteng Metal yang harus disediakan untuk dipasang menyerupai Gambar Rencana Atap tersebut.

A.  Gambar Rencana Atap

(Gambar 1: Denah Lantai dan Denah Atap)

(Gambar 2: Detail Ukuran Denah Atap dan Gambar Perspektif Atap)

(Gambar 3: Sudut Kemiringan Atap Tampak Depan dan Atap Tampak Samping)

B.  Gambar Lembaran Genteng Metal (yang akan digunakan)

(Gambar 4: Genteng Metal, satuan Lembar atau Keping)

Gambar Ulang dan Perhitungan :

1.  Berdasarkan Gambar 2 (Denah Atap) dan Gambar 3 (Sudut Kemiringan Atap) diatas, Gambar Ulang bidang A, B, C, dan D jikalau dibentuk dalam posisi Horizontal (datar). Gambarnya menjadi menyerupai dibawah ini.


2.  Jika Gambar diatas disederhanankan lagi, jadinya menjadi menyerupai Gambar dibawah ini. Didapat bentuk bidang A dan bentuk bidang C, beserta ukurannya. Bidang A = bidang B, dan bidang C = bidang D.


3.  Aplikasi-kan Lembaran Genteng Metal yang akan dipakai pada bidang A, dengan cara menciptakan Gambar Rencana Susunan lembaran Genteng Metal se-efisien mungkin. Seperti Gambar dibawah ini.

Catatan: Bagian yang diarsir warna Hijau ialah bab yang tidak terpakai (dibuang atau disimpan).

(Gambar Rencana Susunan Lembaran Genteng Metal pada bidang A dan B)

4.  Hitung Jumlah Lembaran Genteng Metal yang terpasang pada bidang A diatas, didapat bidang A butuh Genteng = 34,5 lembar. Karena bidang A = B, maka bidang B = 34,5 lembar juga.

5.  Aplikasi-kan Lembaran Genteng Metal yang akan dipakai pada bidang C, dengan cara menciptakan Gambar Rencana Susunan lembaran Genteng Metal se-efisien mungkin. Seperti Gambar dibawah ini.

Catatan: Bagian yang diarsir warna Hijau ialah bab yang tidak terpakai (dibuang atau disimpan).

(Gambar Rencana Susunan Lembaran Genteng Metal pada bidang C dan D)

6.  Hitung Jumlah Lembaran Genteng Metal yang terpasang pada bidang C diatas, didapat bidang C butuh Genteng = 53 lembar. Karena bidang C = D, maka bidang D = 53 lembar juga.

7.  Jumlahkan (rekap) semua Kebutuhan Genteng Metal untuk bidang A, B, C, dan D.
a.  Bidang A = 34,5 lembar,
b.  Bidang B = 34,5 lembar,
c.  Bidang C = 53 lembar,
d.  Bidang D = 53 lembar.
Jumlahnya = 175 lembar.

8.  Jadi, Genteng Metal yang diharapkan untuk Pemasangan Atap dari Gambar Denah Lantai rumah diatas ialah = 175 lembar, (jika memakai Genteng Metal menyerupai Gambar 4 diatas).


Demikian artikel tentang Cara Menghitung Jumlah Lembaran Genteng Metal Untuk Atap Rumah Bentuk Limasan yang dapat kami sampaikan. Untuk artikel lainnya tentang Cara Menentukan Pasir Yang Baik Untuk Beton Dan Plesteran dapat dilihat DISINI.

0 Response to "Cara Menghitung Jumlah Lembaran Genteng Metal Untuk Atap Rumah Bentuk Limasan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel