Metode Pelaksanaan Pemasangan Aluminium Composite Panel (ACP) - Dukungan Sealant Pada Sela Lembaran ACP (Tahap 4) - Selesai


Setelah semua Lembaran ACP selesai dipasang pada Rangka dudukan-nya, selanjutnya ialah Pekerjaan Tahap ke-4, yaitu Pemberian Sealant (Silikon) pada sela (space) masing-masing Lembaran ACP tersebut (Pekerjaan Finishing). Lalu diakhiri dengan Pekerjaan Pembersihan.

Jika ACP dipasang pada bab Luar Bangunan, sebaiknya Sealant atau Silikon yang dipakai mempunyai Karakteristik sebagai berikut :

1.  Tahan terhadap suhu Panas dan Ultra Violet dari Sinar Matahari,
2.  Tahan terhadap suhu Dingin,
3.  Tahan terhadap siraman Air Hujan,
4.  Memiliki Daya Rekat yang tinggi pada Permukaan ACP yang cenderung tidak berpori.

Cara Memberikan Sealant pada sela Lembaran ACP :

1.  Rekatkan Kertas Lem (A) pada Lembaran ACP, posisi Kertas Lem sanggup dlihat ibarat Gambar dibawah ini.

2.  Selipkan (masukkan) Flexible Gasket (B) kedalam sela Lembaran ACP tersebut dengan proteksi Kape/ Sekrap (C), ibarat pada Gambar dibawah ini.

Flexible Gasket yang masuk kedalam sela Lembaran ACP harus cukup kedalaman-nya untuk menawarkan ruang bagi Sealant yang akan diaplikasi-kan diatas Flexible Gasket tersebut.


3.  Aplikasi-kan Sealant (D) pada sela Lembaran ACP yang telah dipasang Flexible Gasket tersebut, dengan proteksi Sealant Gun (E) biar pekerjaan menjadi lebih mudah, ibarat Gambar dibawah ini.

4.  Lalu rapikan Sealant tersebut dengan memakai Kape/ Sekrap (F) yang ujungnya telah dimodifikasi menjadi Melengkung, ibarat Gambar dibawah ini.


(Sekrap atau Kape yang Ujung-nya telah dimodifikasi menjadi Melengkung)


5.  Setelah proses merapikan Sealant dengan Kape selesai, lepaskan Kertas Lem (A) dari permukaan Lembaran ACP tersebut.

Agar lebih mudah, proses melepaskan Kertas Lem tersebut harus segera dilakukan pada ketika Sealant masih dalam keadaan Basah (setengah kering). Seperti terlihat pada Gambar dibawah ini.


6.  Setelah semua pekerjaan Pemberian Sealant diatas selesai, lakukan Pembersihan pada semua permukaan ACP yang ada. Baik itu berupa sisa kotoran Sealant yang menempel, melepaskan Plastik lapisan Pelindung Permukaan ACP, dan sebagainya.

7.  Pekerjaan pemberian Sealant selesai..

Demikian artikel tentang Metode Pelaksanaan Pemasangan Aluminium Composite Panel (ACP) - Dukungan Sealant Pada Sela Lembaran ACP (Tahap 4) - Selesai yang dapat kami sampaikan. Untuk artikel lainnya tentang Metode Pelaksanaan Pemasangan Atap Baja Ringan dapat dilihat DISINI.

0 Response to "Metode Pelaksanaan Pemasangan Aluminium Composite Panel (ACP) - Dukungan Sealant Pada Sela Lembaran ACP (Tahap 4) - Selesai"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel