Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Jenis Pondasi Strauss Pile

Pondasi strauss pile termasuk kategori pondasi dangkal Mengenal Jenis Pondasi Strauss Pile

Pondasi strauss pile termasuk kategori pondasi dangkal. Pondasi jenis ini biasanya digunakan pada bangunan yang bebannya tidak terlalu berat, contohnya untuk rumah tinggal atau bangunan lain yang mempunyai bentang antar kolom tidak panjang.

Cara kerja pemasangan pondasi ini yakni dengan mengebor tanah berdiameter sesuai perhitungan struktur diameter pondasi. Setelah itu digunakan cassing dari pipa PVC yang di cor sambil diangkat cassing-nya. Cassing digunakan pada tanah lembek dan berair. Jika tanah keras dan tidak berair, pondasi sanggup pribadi di cor tanpa cassing.

Kedalaman pondasi ini sanggup mencapai 5 meter dengan mengunakan besi tulangan sepanjang dalamnya pondasi. Biasanya ukuran pondasi yang sering digunakan yakni diameter 20 cm, 30 cm, dan 40 cm, sesuai dengan tersedianya mata bor. Seperti layaknya pondasi tiang, maka pondasi strauss ini ditumpu pada dudukan beton (pile cap). Fungsi dudukan beton yakni mengikatkan tulangan pondasi pada kolom dan sloof. Selain itu fungsinya yakni untuk transfer tekanan beban di atasnya.

Demikian artikel tentang Mengenal Jenis Pondasi Strauss Pile yang dapat kami sampaikan. Untuk artikel lainnya tentang Pengertian Pile Cap Dan Fungsinya dapat dilihat DISINI.

Post a Comment for "Mengenal Jenis Pondasi Strauss Pile"