Pengertian Pile Cap Dan Fungsinya



Pengertian Tie Biem dan Fungsinya. Pada kesempatan kali ini akan kami bahas ihwal Pengertian Pile Cap. Pile cap merupakan suatu cara untuk mengikat pondasi sebelum didirikan kolom di bab atasnya. Pile cap tersusun atas tulangan baja berdiameter 16mm, 19mm dan 25mm yang membentuk suatu bidang dengan ketebalan 50 mm dan lebar yang berbeda-beda tergantung dari jumlah tiang yang tertanam.

Fungsi dari pile cap yaitu untuk mendapatkan beban dari kolom yang lalu akan terus disebarkan ke tiang pancang dimana masing-masing pile mendapatkan 1/N dari beban oleh kolom dan harus ≤ daya dukung yang diijinkan (Y ton) (N= jumlah kelompok pile). Makara beban maksimum yang sanggup diterima oleh pile cap dari suatu kolom yaitu sebesar N x (Y ton).

Pile cap ini bertujuan semoga lokasi kolom benar-benar berada dititik sentra pondasi sehingga tidak menyebabkan eksentrisitas yang sanggup menyebabkan beban embel-embel pada pondasi. Selain itu, menyerupai halnya kepala kolom, pile cap juga berfungsi untuk menahan gaya geser dari pembebanan yang ada. Bentuk dari pile cap juga bervariasi dengan bentuk segitiga dan persegi panjang. Jumlah kolom yang diikat pada tiap pile cap pun berbeda tergantung kebutuhan atas beban yang akan diterimanya. Terdapat pile cap dengan pondasi tunggal, ada yang mengikat 2 dan 4 buah pondasi yang diikat menjadi satu.

Untuk langkah kerja pelaksanaan pile cap yaitu sebagai berikut :
  1. Setelah galian tanah mencapai elevasi yang ditentukan, maka tiang pile atau pancang dipotong dan dan dilebihkan besi stek untuk pengikatan struktural dan disisakan beton setinggi 7,5 cm untuk selimut beton.
  2. Pembuatan lantai kerja setebal 5 cm.
  3. Meletakkan pembesian pile cap yang telah dipabrikasi.
  4. Memasang bekisting untuk memberi bentuk pile cap dan memisahkan beton dengan tanah.
  5. Merangkai dengan pembesian tie biem dan slab semoga menjadi satu kesatuan.
  6. Pengecoran yang dilakukan bersamaan antara tie biem dengan pile cap.

Demikian artikel tentang Pengertian Pile Cap Dan Fungsinya yang dapat kami sampaikan. Untuk artikel lainnya tentang Metode Pelaksanaan Pekerjaan Pondasi Tiang Pancang dapat dilihat DISINI.

0 Response to "Pengertian Pile Cap Dan Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel