Water Stop Dan Aplikasinya



Water stop yaitu material pengisi celah pada rongga sambungan beton. Pemasangan waterstop dilaksanakan pada setiap joint, baik pada construction, contraction ataupun expansion joint.

Pada kesempatan ini akan kami bahas jenis-jenis water stop dan karakteristiknya, antara lain :
1. PVC Waterstop
Adalah materi khusus yang terbuat dari PVC yang mempunyai kelenturan materi yang baik menyerupai karet dan dipasang pada sambungan beton yang rapat atau mempunyai celah dan berfungsi untuk menahan fatwa air yang masuk kedalam bangunan melalui sambungan beton tersebut.

PVC Waterstop dipakai untuk sambungan konstruksi & sambungan menerus beton dengan masing-masing ukuran serta bentuk yang berbeda sesuai kebutuhan konstruksi yang diijinkan.

Biasanya dipakai untuk sambungan antara beton lantai, dinding dengan lantai, dan untuk sambungan menerus beton, perubahan arah, dll

Polyvinylchloride (PVC) Waterstops yaitu mengandung materi yang fleksibel dan menciptakan waterstops ini terkenal dengan kekhususannya dan kemampuannya. Sifat fisik bahan. elastisitas menempel sangat baik dan ketahanan terhadap materi kimia dan tekanan air telah membuatnya menjadi materi Waterstop paling banyak diharapkan pada sambungan konstruksi.

Waterstops PVC tersedia dalam beberapa jenis dan ukuran. Pemilihan jenis materi Waterstop yang tepat harus dimulai dengan memilih apakah sambungan tersebut bergerak atau tidak bergerak.

Aplikasi PVC Water stop termasuk yang bekerjasama dengan:
  • Bak Air dan akomodasi air limbah
  • Bendungan, waduk, saluran penampungan air, dan saluran air
  • Terowongan dan gorong-gorong
  • Sambungan beton struktur gedung, dll.

2. Swellable Waterstop
Adalah materi khusus yang terbuat dari materi komposisi bentonite dengan butyl rubber compound yang akan mengembang beberapa hari sehabis bersentuhan dengan air dengan maksimum pemuaian 300 persen dari volume / bentuk semula. Ditempatkan pada sambungan pengecoran beton untuk menghambat dan menghentikan perjalanan air menembus struktur beton melalui jalur yang terbentuk akhir sambungan. Pengembangan di dalam celah sambungan akan menutup semua celah yang tertinggal dan secara tepat menjadi sumbat bagi air. Sangat cocok dipakai pada struktur beton yang rumit, contohnya lantai dan dinding basement, tangki air, bak renang, dan lainnya yang bekerjasama dengan air, dimana waterstop tipe lain sulit dipakai atau diaplikasikan secara sempurna.

Komposisi
Dibuat dari materi sodium bentonite aktif yang ditambah additive khusus untuk menunda pengembangan.

Keunggulan
  • Praktis, cepat dan gampang dalam pemasangannya dan tidak membutuhkan tenaga khusus / andal untuk memasangnya.
  • Tidak eksklusif mengembang sesaat bertemu air, kondusif meski terkena air hujan, air genangan ataupun air semen dari beton.
  • Flexibel dan gampang mengikuti tekstur permukaan beton.
  • Kualitas tidak menurun meski terus bekerjasama dengan air yang bertekanan.
  • Kemampuan mengembang menyusut yang sangat tinggi, kondusif untuk struktur jangka panjang.

Demikian sedikit klarifikasi perihal water stop dan aplikasinya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Water Stop Dan Aplikasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel