Metode Pelaksanaan Mengecat Ulang Dinding Rumah Lama



Seiring dengan waktu, Cat Dinding rumah suatu ketika akan rusak, kotor, luntur warnanya, berjamur, bahkan sanggup juga terkupas (lepas), baik secara keseluruhan atau sebagian. Tentu saja hal ini memberi kesan yang kurang rapi dan tidak yummy dipandang mata.

Solusi untuk memperbaiki ini yaitu dengan cara melaksanakan Pengecatan Ulang, agar dinding rumah kita kembali rapi dan indah. Retak rambut yang telah seattle, yang terjadi pada plesteran dinding juga sanggup teratasi dengan cara Pengecatan Ulang ini.

Biasanya kondisi kerusakan Cat Dinding usang berbeda-beda, secara pribadi saya sanggup membaginya atas 4 kategori, yaitu :
  1. Cat Dinding yang mengalami kerusakan Ringan,
  2. Cat Dinding yang mengalami kerusakan Sedang,
  3. Cat Dinding yang  mengalami Kerusakan Berat,
  4. Cat Dinding yang  mengalami Kerusakan Sangat Berat.
 

1.  Cat Dinding dengan tingkat kerusakan Ringan

Contohnya : Hanya terjadi Perubahan Warna dan Kusam, timbul Retak Rambut pada plesteran, dan munculnya Debu Cat akhir kelembaban dinding. Namun secara keseluruhan Cat Lama tersebut tetap mengikat dekat dan tidak ada yang terkelupas.


Cara Memperbaikinya :
  • Bersihkan semua Cat Lama pada dinding tersebut dengan Kain Lap (bila perlu dengan Kertas Pasir halus), sehingga higienis dari bubuk dan kotoran yang menempel.
  • Setelah higienis dari bubuk dan kotoran, cat Dinding tersebut dengan Sealer, disarankan gunakan Sealer dengan brand vendor yang sama dengan Cat Dinding Lama tersebut, alasannya karenanya akan lebih cocok dan lebih besar lengan berkuasa 'mengikat'. Atau gunakan Sealer yang bermutu baik lainnya.
  • Lalu anda sanggup melakukan Pengecatan Ulang pada semua dinding yang telah di-sealer tadi.

2.  Cat Dinding dengan tingkat kerusakan Sedang

Contohnya : Terjadi Pengelupasan dan Gembung Udara pada Cat Dinding Lama tersebut, dengan persentase Luasan yang tidak terlalu banyak, kira-kira 5% - 20% saja dari seluruh luasan dinding, sedangkan 80% - 95% berada dalam kondisi yang baik.


Cara Memperbaikinya :
  • Lakukan Pengupasan pada serpihan Cat Lama yang terkupas dan ada gembung udara tersebut, dengan memakai Sekrap (kape). Pastikan pekerjaan ini berlangsung dengan baik.
  • Gosok bagian Cat Lama yang terkupas tersebut dengan Kertas Pasir halus, dan bersihkan dengan Kain Lap sehingga higienis dari bubuk dan kotoran yang menempel.
  • Dempul serpihan yang terkupas dengan Tepung Dempul Dinding (wall putty) yang berkualitas, sehingga Permukaan dinding menjadi rata. Biarkan kering, minimal 24 jam.
  • Keesokannya, gosok semua dempulan dengan Kertas Pasir halus, kemudian bersihkan debunya dengan Kain Lap.
  • Setelah higienis dari debu, cat Dinding tersebut dengan Sealer, disarankan gunakan Sealer dengan brand vendor yang sama dengan Cat Dinding Lama tersebut, alasannya karenanya akan lebih cocok dan lebih besar lengan berkuasa 'mengikat'. Atau gunakan Sealer yang bermutu baik lainnya.
  • Lalu anda sanggup melakukan Pengecatan Ulang pada semua dinding yang telah di-sealer tadi.


3.  Cat Dinding dengan tingkat kerusakan Berat
Cat Dinding Rumah yang Mengalami Kerusakan Berat yang aku maksud disini ialah :
"Cat dinding rumah tersebut mengalami Pengelupasan pada Sebagian Besar dari Luas Dinding-nya, dengan persentase antara 30% - 90% dari Luas Dinding yang ada, sedangkan kondisi dinding dalam keadaan Kering dan tidak Lembab (tidak mengandung Air)".

Pengelupasan ibarat ini terjadi karena "Tidak Mengikatnya" Cat Dinding rumah tersebut dengan Permukaan dibawahnya, baik Permukaan dibawahnya berupa Plesteran, Dempul Tembok (dinding), ataupun Cat Dinding Rumah lama dibawahnya.

Hal ini terjadi alasannya ialah rendahnya Kualitas Cat yang digunakan, rendahnya kualitas Dempul yang digunakan, pengecatan ulang pada dinding usang yang tidak memakai Sealer, dan Pengecatan Dinding Luar Rumah dengan tidak memakai Sealer.


Cara Memperbaikinya :
  • Sebaiknya semua Cat tersebut dikupas dengan memakai Sekrap (kape). Jika ada cuilan yang sulit terkupas, sanggup memakai cairan Thinner Epoxy, Thinner ND, Paint Remover (khusus untuk Cat Tembok / Dinding), dsb., untuk mempermudah dan mempercepat proses pengupasan tersebut. Paint Remover yang pernah aku gunakan ialah brand PECAT
  • Setelah semua Cat Dinding usang terkupas, digosok dengan Kertas Pasir (ampelas), dan higienis dari bubuk, anda sanggup mengecat Dinding Rumah tersebut dengan Sealer, disarankan memakai Sealer yang berkualitas baik.
  • Lalu anda sanggup melaksanakan Pengecatan Ulang pada semua dinding yang telah di-sealer tersebut.
4.  Cat Dinding dengan tingkat kerusakan Sangat Berat
Cat Dinding Rumah yang Mengalami Kerusakan sangat Berat yang saya maksud disini misalnya :
"Cat dinding rumah yang mengalami Pengelupasan jawaban Lembab dan Basah pada sebagian besar Luas Dinding-nya (kondisinya berjamur dan berlumut), dan kondisi Lembab dan Basah ini terjadi terus-menerus (tidak berhenti)".

Hal ini biasanya terjadi sebab Dinding dan Plesteran tersebut senantiasa terkena Air atau berada pada Daerah dengan tingkat Kelembaban yang tinggi.

Cara Memperbaikinya :
  1. Kupas semua Cat yang berlumut tersebut dengan memakai Sekrap (kape). Jika ada pecahan yang sulit terkupas, sanggup memakai cairan Thinner Epoxy, Thinner ND, Paint Remover (khusus untuk Cat Tembok / Dinding), dsb., untuk mempermudah dan mempercepat proses pengupasan. Paint Remover yang pernah saya gunakan yaitu brand PECAT.
  2. Setelah semua Cat Dinding usang terkupas, gosok Permukaan Dinding dengan Sikat hingga higienis dari sisa kotoran Cat dan Lumut yang melekat (bantu dengan Air bersih). Lalu biarkan hingga kering.
  3. Bila Lembab dan Basah-nya Dinding tersebut bersumber sebab ada Air yang masuk dari Dinding pecahan Luar, maka lakukan "penutupan" terhadap jalan masuknya Air tersebut. Jika Basah dan Lembabnya terjadi sebab hal lain, maka lakukan tindakan semoga Dinding tersebut tidak mengalami hal itu lagi di lalu hari.Pada Dinding yang telah disikat higienis dan kering tadi, kuaskan adonan Cairan Kaporit atau Cairan Pemutih Pakaian, dengan perbandingan Cairan dan Air = 1:2 s/d 1:5. Lakukan secara merata ke seluruh permukaan dinding, dan biarkan selama lebih kurang 1 jam. Setelah 1 jam, bilas Dinding tersebut dengan Air bersih, dan biarkan hingga Kering. Lakukan hal ini berulang-ulang, hingga Dinding tersebut benar-benar higienis dari kotoran yang ada. Sebaiknya gunakan Sarung Tangan Karet dan Masker pada dikala melaksanakan ini.Setelah benar-benar bersih, biarkan beberapa hari, hingga Dinding tersebut benar-benar kering dan siap untuk dicat ulang.
  4. Anda sanggup mengecat Dinding Rumah tersebut dengan Sealer, disarankan memakai Sealer yang berkualitas baik.
  5. Lalu anda sanggup melaksanakan Pengecatan Ulang pada semua dinding yang telah di-sealer tersebut, sebaiknya memakai Cat Anti Jamur dan Lumut.

Demikian artikel tentang Metode Pelaksanaan Mengecat Ulang Dinding Rumah Lama yang dapat kami sampaikan. Untuk artikel lainnya tentang Cara Gampang Menghitung Panjang Jurai Dan Nok Bubungan Pada Atap Rumah Perisai dapat dilihat DISINI.

0 Response to "Metode Pelaksanaan Mengecat Ulang Dinding Rumah Lama"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel