Time Schedule Pekerjaan Proyek Dan Manfaatnya



Time Schedule (skedul) Proyek adalah Rencana Waktu yang telah ditetapkan dalam Pelaksanaan Pekerjaan Proyek, mencakup semua Item Pekerjaan yang ada.

Time Schedule ini menandakan kapan Waktu Dimulai pekerjaan, Lama Waktu pekerjaan (durasi), dan Waktu Selesai pekerjaan. Baik untuk pekerjaan pembuatan Rumah, Gedung, Kantor, Jalan Raya, Jembatan, dan semua Konstruksi Bangunan Sipil lainnya.

Time Schedule biasanya dibentuk dalam bentuk Bar Chart dan Network Planning. Saat ini bentuk Bar Chart sangat sering dipakai dalam Penyajian Data Time Schedule. Karena bentuk ini memudahkan kita dalam aktivitas selanjutnya, yaitu menciptakan Kurva S.

Guna dan Tujuan pembuatan Time Schedule dalam Pelaksanaan Proyek Konstruksi :
  1. Untuk mengetahui Kapan dimulainya suatu Item Pekerjaan, usang pekerjaan, dan rencana selesainya.
  2. Sebagai Pedoman untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (Man Power), sesuai dengan Waktunya.
  3. Sebagai Pedoman untuk mempersiapkan Material Pekerjaan, sesuai dengan Waktunya.
  4. Sebagai Pedoman untuk penyediaan Alat-alat Kerja, sesuai dengan Waktunya.
  5. Sebagai Sumber Data untuk memantau Kecepatan atau Keterlambatan Progress dari Item Pekerjaan, sehingga dapat dilakukan Koreksi di Lapangan untuk Mempercepat Pekerjaan tersebut.
  6. dll..

Time Schedule dapat dibentuk dalam bentuk Harian, Mingguan, dan Bulanan. Hal ini tergantung pada lamanya Waktu Rencana Total Pelaksanaan sebuah pekerjaan proyek.

Misalnya untuk Pekerjaan yang Durasi-nya 2 Minggu hingga 1 bulan, akan cocok kalau dibentuk Time Schedule Harian. Untuk Pekerjaan yang Durasi-nya 2 bulan hingga 1 tahun, dapat dibentuk Time Schedule Mingguan. Dan untuk Pekerjaan yang Durasi-nya Lebih Lama, dapat dibentuk Time Schedule Bulanan. Ini dapat dibentuk bervariasi, tergantung dari Kebutuhan Kelengkapan Data yang kita inginkan.

Demikian artikel tentang Time Schedule Pekerjaan Proyek Dan Manfaatnya yang dapat kami sampaikan. Untuk artikel lainnya tentang Cara Menghitung Luas Atap Rumah Bentuk Limasan dapat dilihat DISINI.

0 Response to "Time Schedule Pekerjaan Proyek Dan Manfaatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel