7 Kelebihan Plafon Gypsum


Plafon adalah bagian dari konstruksi bangunan yang berfungsi sebagai langit-langit bangunan. Pada dasarnya plafon dibuat dengan maksud untuk mencegah cuaca panas atau dingin agar tidak langsung masuk ke dalam rumah setelah melewati atap. Namun demikian dewasa ini plafon tidak lagi hanya sekedar penghambat panas atau dingin, melainkan juga sebagai hiasan yang akan lebih mempercantik interior suatu bangunan. Plafon biasanya dibuat dengan ketinggian tertentu. Namun sebagai variasi ada juga yang dibuat tidak selalu rata. Variasi tersebut dikenal sebagai plafond drop ceiling. Plafon dibuat lebih tinggi dari yang lain.

Plafon, lebih dikenal sebagai langit-langit, adalah bagian dari konstruksi bangunan yang berfungsi sebagai lapisan yang membatasi tinggi suatu ruangan. Selain itu, plafon juga berguna untuk keamanan, kenyamanan, serta keindahan sebuah ruangan.

Pada dasarnya plafon dibuat dengan maksud untuk mencegah cuaca panas atau dingin agar tidak langsung masuk ke dalam rumah setelah melewati atap. Saat ini plafon tidak hanya sekadar penghambat panas atau dingin, melainkan juga sebagai hiasan untuk mempercantik interior suatu bangunan.

Bahan plafon yang digunakan pun beraneka ragam, mulai dari kayu, triplek, lembar semen asbes, hardboard, softboard, accoustic tile, particle board, aluminium, serta yang paling populer adalah plafon gypsum. Faktor perawatan yang mudah menjadi alasan plafon gypsum menjadi favorit banyak orang.

Pasalnya, plafon gypsum memiliki variasi yang sangat banyak, terlebih untuk aksesori di bagian sudut, tengah, dan lisnya. Gypsum juga mempunyai warna dan ukuran yang berbeda-beda, hal ini bisa mempermudah dalam memilih plafon gypsum yang cocok untuk kebutuhanmu.

Gypsum yang tersedia di pasaran umumnya dalam bentuk lembaran dengan ukuran 120 cm x 240 cm. Tetapi, ada pula produsen yang memproduksi dalam ukuran khusus dengan tingkat ketebalan yang bervariasi antara 9 mm hingga 15 mm dengan ketebalan ideal 9 mm. Proses pemilihan plafon gypsum pun menuntut kamu untuk lebih teliti. Sangat disarankan untuk meminta bantuan ahli di bidang plafon gypsum sebelum memasangnya.

Saat ini rumah modern pada umumnya memasang plafon yang terbuat dari papan gypsum. Hal ini karena nilai estetika yang dihasilkan sangat baik, plafon terlihat rapi, rata dan mulus seperti tidak ada sambungan sama sekali. Gypsum juga sangat mudah untuk dibentuk menjadi beraneka tipe plafon, dari yang konvensional sampai berwujud katedral. Selain itu, plafon gypsum bisa menjadi indikator yang baik apakah atap rumahmu bocor atau tidak.

Kelebihan lain dari plafon gypsum adalah bila terjadi kerusakan pada bagian tertentu, plafon gypsum sangat mudah diperbaiki dan tidak diperlukan pembongkaran total. Jadi, cukup bagian rusak saja yang dipotong atau diplester.

Jika kamu saat ini sedang terburu-buru untuk membangun rumah dalam waktu cepat, memilih menggunakan plafon gypsum sangat disarankan. Pasalnya, dibandingkan plafon jenis lain, plafon gypsum proses pengerjaannya lebih cepat.

Berikut beritakonstruksi.com sampaikan alasan kenapa Anda harus mempertimbangkan plafon gypsum sebagai plafon rumah Anda?? 

1. Tampilan yang menarik & bersih
Penggunaan plafon gypsum dapat menghasilkan tampilan yang menarik dan elegan

2. Memiliki banyak aksesoris dan motif
Plafon gypsum memiliki beragam motif & corak yang menarik dan memiliki beragam aksesoris seperti lis, hiasan tengah, hiasan sudut, dan lain-lain

3. Perawatan mudah
Untuk merawat plafon gypsum, Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Dan apabila terjadi kerusakan, Anda tidak perlu mengganti plafon secara keseluruhan, namun hanya mengganti bagian yang rusak saja

4. Pemasangan cepat
Pemasangan plafon gypsum ternyata tidak memerlukan waktu yang lama, lho! Prosesnya sangat cepat dan hasilnya pun rapi. Walaupun begitu, Anda harus tetap teliti dan hati-hati ketika sedang memasang supaya tidak terjadi kesalahan-kesalahan yang tidak diinginkan. Selain itu pemasangan plafon gypsum sangat fleksibel karena dapat diterapkan pada penggunaan rangka kayu maupun rangka besi hollow. namun harus berhati-hati dalam pemasangannya, plafond gypsum juga bisa roboh, kami uraikan beberapa alasan kenapa plafond bisa runtuh pada artikel kami sebelum nya Hal-Hal yang menyebabkan Plafon Runtuh

5. Harga murah
Harga adalah salah satu faktor yang sensitif. Semua orang pastinya menginginkan sebuah bahan yang berkualitas namun harga yang terjangkau. Berita baiknya, plafon gypsum memiliki harga yang relatif murah

6. Tidak mudah terbakar
Kebakaran adalah salah satu bahaya yang sangat mengkhawatirkan. Untuk itu, setiap rumah harus memiliki pertahan tersendiri ketika bahaya kebakaran terjadi. Salah satunya adalah dengan menggunakan material yang tahan terhadap api, seperti halnya plafon gypsum ini.

7. Dapat dibuat bertingkat
Pembuatan plafon gypsum dapat dilakukan dalam berbagai macam. Bisa dalam bentuk seperti bertingkat atau yang dikenal dengan drop up ceiling, atau juga bentuk kubah atau dome dan masih banyak lagi.

0 Response to "7 Kelebihan Plafon Gypsum"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel