9 Kelebihan Hebel


Penggunaan Hebel (beton ringan) sebagai material alternatif pembentuk dinding dapat memberi penghematan yang signifikan pada pembuatan dinding. Bagian rumah yang dapat ditekan spek materialnya dan memberi penghematan yang signifikan adalah dinding. Kabar baiknya, saat ini ada begitu banyak pilihan bahan alternatif yang tentu saja memberi tawaran lebih dibanding pendahulunya yaitu batu bata dan batako.

Bata Hebel sudah digunakan sebagai material pengganti bata merah di Swedia sejak tahun 1923. Pada tahun 1943, untuk pertama kalinya Jerman menggunakan bata hebel sebagai material konstruksi bangunan. Saat itu, seorang ahli bernama Joseph Hebel memodifikasi bata ini dengan sangat beragam hingga menjadikan bata yang semakin kuat. Oleh karena itu, bata ini diberi nama ‘Bata Hebel’ untuk menghormati usaha Joseph Hebel.

Bata hebel memiliki bobot lebih ringan jika dibandingkan dengan batu bata lain itulah mengapa disebut (bata ringan). Bata hebel ini terbentuk dari campuran bahan-bahan seperti pasir, semen, kimia busa, gypsum, kapur, pasta alumunium, dan air. Proses pembuatannya pun sudah sangat modern karena menggunakan mesin pabrik. Para pengembang atau developer perumahan sangat meminati penggunaan Hebel ini karena banyak nya keuungulan yang di dapat.

Berikut beberapa keuungulan Bata Hebel dibanding dengan Bata merah atau Batako :

1. Bobot lebih ringan
Bata Hebel memiliki bobot yang lebih ringan dibanding pesaingan yang memiliki berat jenis normal sebesar 650kg/m3. Beda hal nya dengan bata merah yang mempunyai berat jenis normal sampai 2000kg/m3 dan batako 1000kg/m3.

2. Hasil akan lebih rapih
Dikarenakan memiliki dimensi yang beragam dan tidak mudah patah atau retak membuat hasil Bata ringan lebih rapih dibanding dengan Bata Merah.

3. Ketahanan yang cukup baik
Memiliki ketahanan yang cukup baik sehingga jika terjadi gempa kemungkinan ambruk lebih kecil dari bata merah.

4. Kedap air
Kemungkinan terjadi rembes sangat kecil terjadi.

5. Tahan Api
Pada uji ketahanan api bata hebel memiliki keunggulan dari bata merah, namun sama kuat nya dengan batako. Bata Ringan dan batako mampu tahan terhadap api sampai 4 jam, sedangkan bata merah hanya 2 jam saja.

6. Kedap suara
Kedap suara adalah ruangan yang tidak memantulkan suara keluar ruangan dimana dinding ruangan tersebut.

7. Hemat penggunaan perekat
Jenis perekat Bata ringan berbeda dengan Bata merah atau batako yang membuat Bata Hebel lebih irit dalam penggunaan bahan perekat. Jarak spasi Bata ringan biasanya 2-3mm, sedangkan Batako dan Bata merah bisa sampai 20-30mm.

8. Pemasangan Instalasi mudah
Karena bahan yang mudah di bor jadi membuat pemasangan instalasi apapun jadi lebih gampang.

9. Pengerjaan Cepat
Dengan cepatnya mengerjaan membuat biaya pekerjaan dapat dipangkas.

Sekian penjelasan mengenai 9 Keunggulan Bata Hebel. Dari beberapa keunggulan tersebut tidak memungkiri adanya kekurangan dari Hebel.

0 Response to "9 Kelebihan Hebel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel