Bagaimana cara Cat Tembok yang Sehat dan Berkualitas?


Cat adalah suatu cairan yang dipakai untuk melapisi permukaan suatu bahan dengan tujuan memperindah, memperkuat, atau melindungi bahan tersebut. Setelah dikenakan pada permukaan dan mengering, cat akan membentuk lapisan tipis yang melekat kuat pada permukaan tersebut. Pelekatan cat ke permukaan dapat dilakukan dengan banyak cara : diusapkan, dilumurkan, dikuas, diseprotkan, dsb.

Warna cat tembok dapat memengaruhi psikologis,  suasana hati, hingga kondisi kesehatan  penghuni rumah.Karena itu memilih produk cat dan memberikan sentuhan warna yang tepat pada tembok rumah, bisa membuat Anda nyaman dalam beraktivitas maupun beristirahat bersama keluarga.

Berikut beritakonstruksi.com sampaikan beberapa tips memilih cat :

1. Memilih cat yang sehat
Masalah utama yang perlu dipertimbangkan ketika memilih produk cat untuk dinding adalah adanya merkuri dan bahan timbal yang ditemukan dalam komponen dasar dari produsen cat. Menurut World Health Organization (WHO) paparan merkuri dalam tubuh manusia berkontribusi besar terhadap peningkatan gangguan pernapasan, dan kerusakan pembuluh darah dan menurunkan kecerdasan otak, kanker anak, penyakit Alzheimer, neurologis dan penyakit jantung dan gangguan.

Untuk menentukan apakah kandungan kimia baik atau buruk dapat diidentifikasi dalam produk cat dengan mengukur tingkat Volatile Organic Compound (VOC) atau konten senyawa organiknya. Senyawa ini dalam bentuk gas yang dipancarkan dari cairan atau padatan. Penggunaan VOC yang melampaui ambang batas akan mengubah cat di dinding menjadi zat yang berbahaya bagi kesehatan.

Bau wangi ketika dinding yang baru dilapisi menunjukkan tingginya tingkat senyawa organik yang mudah menguap dalam produk cat. Bau tidak hilang dengan mudah bahkan jika cat kering. Untuk kondisi internal, konsentrasi VOC dapat meningkat dua hingga lima kali lebih banyak daripada di luar.

Untuk mencegah hal-hal buruk ini terjadi pada Anda dan keluarga Anda, pastikan untuk menggunakan produk cat tembok yang tidak mengandung merkuri.

2. Memilih cat yang berkwalitas
Hampir semua produk cat mengandung warna yang indah dan bervariasi, tetapi tidak semua produk ini dapat mempertahankan keindahan warna untuk waktu yang lama. Ini tergantung pada kualitas dan keindahan kedua produk cat tembok.

Memilih cat dinding berkualitas tinggi untuk rumah Anda sangat penting. Karena Anda dan keluarga menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, yang secara alami ingin warna dinding rumah selalu baru, tidak pernah pudar, sehingga Anda selalu melihat keindahan di mata Anda ketika Anda melihatnya.

Beberapa produk cat berkualitas rendah biasanya mudah mengelupas dan memudar. Ketika diaplikasikan pada dinding, juga sulit untuk menempelkan cat dan menutupi lapisan warna sebelumnya. Akibatnya Anda harus menggambar berulang kali. Ujung-ujungnya akan menjadi jumlah kaleng cat yang lebih besar untuk dihabiskan. Anda juga harus mengeluarkan lebih banyak uang.

Kualitas tinggi atau rendah dari produk cat internal ditentukan oleh resin yang digunakan sebagai komponen utama campuran pabrikan pelapis. Produk lukisan dengan bahan resin dengan kualitas terbaik menghasilkan kekuatan dispersi yang baik dan kekuatan penutupan serta keseragaman yang baik. Cat tembok dengan resin yang baik dapat dipasang di dinding sehingga Anda dapat membuat warna terlihat baru, tidak mudah pudar dan terkelupas, dan menjadi kuat.

Penggunaan bahan resin berkualitas tinggi dapat membuat cat lebih baik untuk melindungi dinding rumah. Jadi jangan menumbuhkan jamur dan jamur dan dengan mudah mencemari dinding rumah Anda.


 3. Memilih cat yang mudah dipahami penggunaannya

Membaca aturan penggunaan yang terkandung dalam kaleng atau produk cat sering dianggap sepele. Bahkan, ini bisa membantu Anda mendapatkan hasil cat yang sempurna.

Ikuti langkah-langkah ini:
  • Sebelum Anda mulai mengoleskan cat, pastikan dindingnya kering dan bersih. Bersihkan semua debu dan cat lama yang telah dilucuti. Untuk menghilangkan jamur, lumut, atau kotoran persisten, gunakan larutan klorin 10% dan penghilang fungisida atau jamur.
  • Untuk mengecat dinding baru, pastikan benar-benar kering (kadar air berkisar antara 17 hingga 19%). Sementara melukis di dinding lama, jika kekuatan perekat dan kondisi lapisan lama masih bagus, itu bisa ditimpa langsung dengan cat baru.
  • Untuk meratakan lapisan dinding dan menghapus cat lama yang telah dikalsifikasi, ini bisa dilakukan dengan pengamplasan. Anda dapat menggunakan sealer atau mortar dan pasir untuk memperbaiki lubang atau retakan.
  • Untuk mengurangi lapisan, gunakan campuran air hingga 20% untuk lapisan pertama dan 10% untuk lapisan kedua. Campur cat dalam wadah secara merata sebelum menempatkannya di dinding. Kepadatan sikat mempengaruhi daya sebar dan kekuatan cat rata-rata.
  • Durasi proses pengeringan tergantung pada ketebalan lapisan pelapis, suhu sekitar dan ketersediaan siklus udara. Biasanya memakan waktu antara 2-4 jam.
  • Agar tidak mengeringkan cat yang tersisa dalam wadah dengan mudah dan dapat digunakan kembali, pastikan untuk menutup wadah dengan ketat dan simpan di tempat yang dingin dan kering dan tidak terkena sinar matahari langsung.

Apakah Anda ingin berpartisipasi dalam pelestarian lingkungan? Pilih produsen cat dinding yang baik dan memiliki standar ISO 14001.
 

0 Response to "Bagaimana cara Cat Tembok yang Sehat dan Berkualitas? "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel