Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Metode Pelaksanaan Penyambungan Kabel Listrik Yang Benar


 Bagaimana  cara menyambung kabel listrik pada  Metode Pelaksanaan Penyambungan Kabel Listrik yang Benar

Bagaimana cara menyambung kabel listrik pada bangunan yang benar? Pada dikala suatu kabel mengalami kerusakan atau ukurannya terlalu pendek kita perlu menyambungnya. Walaupun kelihatannya sepele, pekerjaan ini tetap membutuhkan perhatian yang serius. Faktanya masih banyak orang yang melaksanakan kesalahan ketika menyambung kabel secara asal-asalan.

Kesalahan dalam penyambungan kabel listrik memang tidak eksklusif terlihat begitu saja. Awalnya kabel tersebut kelihatan anggun dan tampak aman. Tetapi lambat laun, ketika kualitas isolatip yang membungkusnya menurun, pada dikala itulah ancaman yang besar tengah mengintai.

Biar Anda tidak melaksanakan kekeliruan lagi dalam menyambung kabel, ikuti saran-saran berikut ini :

Sambung Kabel di Posisi yang Berjauhan
Pada umumnya suatu kebel terdiri dari dua kabel atau lebih yang menyusun di dalamnya. Setiap kabel tersebut menghantarkan arus listrik yang jenisnya berbeda-beda. Apabila arus listrik ini saling bertemu, maka terjadilah hubungan arus pendek yang sanggup membahayakan siapa pun di sekitarnya.
Anda sudah benar selama ini tetap memisahkan kabel-kabel tersebut dengan isolatip yang berbeda. Namun kalau jarak kedua sambungan kabel ini berdekatan dan lama-kelamaan isolatip pelindungnya berubah sifat menjadi semi konduktor, kemungkinan besar akan menjadikan timbulnya percikan api yang sanggup menjadikan kebakaran. Yang benar, potong masing-masing kabel yang akan disambung ini di posisi yang cukup berjauhan.

Anda sanggup memotong kabel tidak dalam posisi yang sejajar lagi, melainkan berbeda letaknya. Satu kabel dipotong dengan ukuran yang panjang serta satunya lagi dipotong pada posisi yang pendek. Dengan memotong kedua kabel ini berbeda ukuran diperlukan jarak kabel yang dikupas cukup jauh sehingga keamanannya lebih terjamin.


Gunakan Isolatip yang Khusus
Kebanyakan orang membungkus sambungan kabel menggunakan solasi biasa atau lakban. Beberapa orang ada pula yang juga menggunakan double tape. Bahkan uniknya, ada lho yang berani-beraninya membungkus sambungan kabel ini dengan plastik maupun kresek. Padahal kebiasaan-kebiasaan ini sangat lah berbahaya sehingga harus ditinggalkan sesegera mungkin.

Sangat direkomendasikan melindungi sambungan kabel menggunakan isolatip yang ditujukan khusus untuk kabel listrik. Karakteristik isolatip ini berbeda dengan solasi yang umum dijual di warung sebab penampangnya sanggup melar. Makara ikatan yang terbentuk pun menjadi lebih kuat.

Adapun cara menggunakan isolatip ini yakni isolatip tersebut harus ditarik hingga ukurannya melar terlebih dahulu. Barulah kemudian lilitkan isolatip sempurna ke sambungan kabel dengan posisi yang rapi. Tidak perlu terlalu banyak lilitan, cukup sekitar 3-5 lilitan saja. Jangan lupa memeriksanya secara teliti sebelum listrik dinyalakan kembali.

Post a Comment for "Metode Pelaksanaan Penyambungan Kabel Listrik Yang Benar"